6 Fitur Keamanan Privasi yang Dapat Digunakan Pada Aplikasi Percakapan

6 Fitur Keamanan Privasi yang Dapat Digunakan Pada Aplikasi Percakapan

Read Time:1 Minute, 58 Second

Di era digital seperti saat ini, percakapan jarak jauh memang lebih sering dilakukan dengan menggunakan aplikasi percakapan. Kehadiran aplikasi percakapan tak dapat dipungkiri memberi kemudahan dalam berkomunikasi secara instan dalam genggaman. Namun, keamanan percakapan dalam aplikasi yang digunakan harus diperhatikan sebagai bagian dari literasi digital.

Demi menjaga keamanan dan privasi Sobat pada aplikasi percakapan, beberapa fitur pada aplikasi percakapan yang tersedia dapat coba diaktifkan. Fitur-fitur apa sajakah yang dapat digunakan untuk menjaga keamanan dan privasi Sobat SMP? Simak daftar di berikut, ya.

1. Sistem enkripsi

Sistem ini membuat pesan dan pembicaraan di aplikasi tidak ada yang dapat membaca dan mendengarkan pesan dan pembicaraan Sobat  termasuk aplikasi itu sendiri.

2. Verifikasi 2 langkah

Fitur ini memberikan pilihan untuk membuat akun lebih aman di aplikasi chatting. Bila fitur ini diaktifkan, Sobat SMP dapat membuat pin unik untuk masuk ke dalam akun. Jadi, bila seseorang tidak dikenal berusaha masuk ke dalam akun Sobat , dia membutuhkan pin untuk bisa masuk.

3. Setelan privasi

Fitur-fitur dalam pengaturan privasi dapat mengatur akun Sobat  menjadi “privat”, dimana hanya Sobat  dan orang-orang tertentu yang dapat melihat tanda pesan sudah dibaca, melihat status, dan melihat foto profil Sobat. Fitur ini juga dapat membatasi orang yang ingin menambahkan Sobat ke dalam grup tanpa izin.

4. Pelaporan dan pemblokiran

Fitur pelaporan dapat digunakan untuk melaporkan orang yang membuat Sobat merasa tidak nyaman dan terancam tanpa diketahui oleh orang tersebut. Sedangkan fitur pemblokiran dapat menghentikan komunikasi dengan seseorang tidak diinginkan. Namun, Sobat dapat menghentikan pemblokiran.

5. Peringatan masuk akun

Baja Juga :  Statistik Manajemen TI untuk Bisnis Bantuan Pekerjaan Rumah

Aplikasi chatting akan mengirimkan notifikasi ketika seseorang mencoba mengakses akun aplikasi percakapan / chatting milik Sobat untuk keperluan tertentu tanpa izin. Bila Sobat menerima permintaan verifikasi berupa kode OTP atau dalam bentuk lain, artinya sedang berusaha mengambil alih akun milik Sobat . Jadi, jangan berikan kode verifikasi atau kode OTP ke siapapun karena kode tersebut bersifat rahasia.

6. Pesan sementara

Beberapa aplikasi percakapan memiliki fitur pesan sementara dimana Sobat dapat mengirimkan pesan yang nantinya akan menghilang pada batas waktu tertentu yang sudah ditentukan. Fitur ini juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kerahasiaan percakapan penting.

Nah, itulah beberapa fitur yang dapat digunakan untuk menjaga keamanan data dan privasi diri. Jangan sampai data pribadi dan privasi di aplikasi percakapan terlalu mudah diakses pihak lain sehingga dapat disalahgunakan. Semoga kita semakin bijak dan hati-hati dalam menggunakan internet ya Sobat!


Referensi:

Siberkreasi Kominfo

https://www.instagram.com/p/CTelcsYlPPd/

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )