Asesmenpedia Sebagai Bentuk Kolaborasi Asesmen Kreatif dan Inovatif di Masa Pandemi

Asesmenpedia Sebagai Bentuk Kolaborasi Asesmen Kreatif dan Inovatif di Masa Pandemi

Read Time:2 Minute, 1 Second

Pendidikan paradigma baru terus mendorong para pendidik dan peserta didik melakukan pengembangan di dalam pembelajaran. Terlebih lagi, belum lama ini telah dilakukan Asesmen Nasional yang salah satu unsurnya menekankan kemampuan kompetensi literasi dan numerasi bagi para peserta didik.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai salah satu elemen dari Asesmen Nasional menghadirkan soal-soal HOTS (high order thinking skill) yang mengasah kemampuan bernalar para peserta didik. Oleh karena itu, para pendidik perlu melatih anak didiknya dengan berbagai soal yang menguji kemampuan nalar.

Merespons hal tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Asesmen Pendidikan meluncurkan Asesmenpedia. Asesmenpedia sebuah platform atau tempat kolaborasi bagi para guru hebat untuk saling berbagi dan bertukar ilmu yang dimiliki dalam pengembangan soal-soal yang inovatif dan menginspirasi.

Asesmenpedia merupakan aplikasi berbasis web yang diakses secara daring. Aplikasi ini dikembangkan dengan konsep seperti media sosial sehingga para guru lebih mudah mengenali interface di dalamnya. Para pengguna dapat saling memberikan komentar, menyukai soal, tidak menyukai soal, memberikan rating pada soal, dan melaporkan masalah soal.

Fitur-fitur yang terdapat di dalam Asesmenpedia cukup banyak. Mulai dari referensi soal formatif, mengunggah soal, mengunduh soal, memberikan rating dan komentar, hingga melaporkan soal yang kurang sesuai.

Salah satu fitur yang menarik adalah unggah dan unduh soal. Para pengguna yang merupakan guru-guru bisa mengunduh soal-soal pilihan dan menyusunnya dalam sebuah paket soal. Pengguna juga dapat mengunggah soal-soal hasil karya sendiri ke dalam Asesmenpedia sebagai bentuk kolaborasi bersama guru-guru hebat di seluruh Indonesia.

Untuk soal-soal sendiri, Asesmenpedia menyediakan dua tipe soal yakni soal tertulis dan nontertulis. Soal tertulis dibuat dan dilihat langsung di dalam aplikasi, sedangkan soal nontertulis yang sebelumnya telah dibuat oleh para guru dan diunggah di Asesmenpedia dalam format .doc, .docx, atau .pdf. Bentuk soalnya pun sangat beragam seperti pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan juga uraian.

Baja Juga :  Memahami Tugas Proktor dalam Pelaksanaan ANBK

Agar bisa bergabung dengan guru-guru lainnya, bapak dan ibu guru bisa masuk ke Asesmenpedia dengan akun belajar.id. Jika tidak punya, segera daftarkan diri di situs resmi Asesmenpedia https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/asesmenpedia/. Cara mendaftarnya cukup mudah, hanya mengisi NIK, NPSN, dan beberapa data diri lainnya.

Bagaimana? Menarik bukan? Ayo segera bergabung dan berdiskusi bersama para guru-guru hebat di seluruh Tanah Air. Mari berkolaborasi untuk menciptakan sistem pendidikan yang bermutu, hebat, dan kreatif. Semoga bermanfaat ya!


Referensi:

Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Mutu Pendidikan Direktorat SMP di Jakarta, 26-28 Oktober 2021

https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/asesmenpedia/

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (7)
  • comment-avatar

    pendidikan masa kini memang ribet

  • comment-avatar
    Руди 4 minggu

    benar seklai

  • comment-avatar

    berikan hal yang terbaik untuk anak bangsa

  • comment-avatar

    lanjutkan

  • comment-avatar
    zidan 4 minggu

    Indonesia is a country with natural and cultural wealth

  • comment-avatar

    Maju indonesiaku

  • comment-avatar

    fortsett, min venn hvor enn du er

  • Disqus (0 )