Bali

Read Time:6 Minute, 1 Second

Siapa pun tak ada yang bisa menyangkal keindahan yang ditawarkan Pulau Dewata. Baru-baru ini, Bali didapuk menjadi destinasi paling populer di dunia versi Tripadvisor Travellers’ Choice tahun 2021. Tentu saja, bentangan alamnya yang indah berpadu sempurna dengan kearifan lokalnya yang istimewa menjadikan Bali sebagai destinasi #DiIndonesiaAja yang patut Sobat kunjungi setidaknya sekali seumur hidup!

Deretan pantai yang aduhai

bali

Daya tarik utama Pulau Bali tentu saja terdapat pada wisata pantainya. Hampir semua wisatawan yang berlibur di Bali memasukkan pantai ke dalam daftar kunjungannya. Deretan pantai yang ada di Bali punya keunikan dan pesonanya tersendiri, lho!

Salah satu pantai yang paling populer di Bali adalah Pantai Kuta. Pantai berpasir putih ini terkenal berkat ombaknya yang besar sekaligus menjadi surga bagi para peselancar. Karena lokasinya yang strategis, berbagai hotel, restoran, toko, dan kafe juga dapat dengan mudah Sobat Pesona temukan di sepanjang jalan Pantai Kuta.

Jika Sobat Pesona lebih suka suasana pantai yang tenang, datang saja ke berbagai pilihan pantai tersembunyi yang ada di selatan Pulau Bali! Sebut saja Pantai Balangan, Pantai Dreamland, Pantai Melasti, dan deretan pantai lainnya yang masih relatif sepi.

Lain halnya jika Sobat Pesona ingin menjajal sensasi berselancar atau menyelam di lautan lepas. Sobat Pesona bisa datang ke tiga pulau di sebelah tenggara Pulau Bali, yaitu Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, dan Nusa Penida. Para peselancar dari seluruh penjuru dunia datang ke tiga kawasan ini untuk menaklukan ombaknya yang menantang.

bali

Jangan lewatkan juga mengunjungi Manta Point dan Malibu Point di bagian barat daya Pantai Nusa Penida! Selama berada di sini, Sobat Pesona berkesempatan untuk merasakan sensasi menyelam dan berenang beriringan bersama ikan pari manta hingga hiu, lho! Menarik banget, kan? Nah, setelah puas menguji adrenalin, saatnya segarkan kembali matamu dengan suguhan surgawi yang ditawarkan Nusa Penida melalui deretan pantainya yang indah, seperti Pantai Kelingking, Pantai Atuh, dan Broken Beach!

Baja Juga :  Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1443

Selain tiga pulau tadi, pengalaman menyelam terbaik juga bisa Sobat Pesona temukan di Pulau Menjangan yang terletak di barat daya Pulau Bali. Pulau ini menawarkan banyak spot ciamik untuk menyelam. Hamparan batu karang, goa, serta biota lautnya yang memesona sayang sekali jika dilewatkan begitu saja.

Pacu adrenalinmu!

Selain berselancar menantang ombak, Bali juga menawarkan berbagai aktivitas uji adrenalin lainnya, lho! Ada beragam olahraga wisata air yang bisa dicoba di sini, misalnya flyboard, seawalker, parasailing, dan yang lainnya. Semua bisa Sobat Pesona temukan di Bali.

Buat Sobat Pesona yang gemar mendaki, Gunung Agung sangat cocok untuk ditaklukkan. Kamu bisa mulai pendakian dari Pura Besakih atau Pura Pasar Agung. Jalur Pura Besakih berada di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, sementara Pura Pasar Agung berada di Desa Selat, Kecamatan Setiabudi. Jalur mana pun yang kamu lalui, pemandangan yang disuguhkan sama indahnya lho, Sobat Pesona!

Selain Gunung Agung, ada juga Gunung Batur yang bisa menjadi alternatif destinasi Sobat Pesona untuk bertualang. Hanya membutuhkan 2.5 jam trekking, Sobat Pesona sudah bisa sampai di puncak Gunung Batur. Setelah sampai di puncak, siap-siap untuk dimanjakan dengan pemandangan alam yang asri ditemani panorama Danau Batur yang menawan.

Bali juga menawarkan white water rafting kelas dunia, lho! Adrenalin Sobat Pesona akan terpacu saat mengarungi Sungai Ayung yang penuh dengan rintangan bebatuan. Berlokasi di Ubud, Sungai Ayung ini sangat cocok buat Sobat Pesona yang menggemari jenis olahraga yang menantang.

Budaya yang kaya

bali

Setelah puas menjajal ragam aktivitas yang memacu adrenalin, kini saatnya matamu dibuat terpukau dengan suguhan budaya Pulau Dewata yang kaya, melalui tarian kecak yang dipentaskan di atas tebing, dekat Pura Uluwatu, misalnya. Rasakan momen istimewa dan tak akan pernah terlupakan saat Sobat Pesona menyaksikan matahari yang perlahan-lahan terbenam diiringi pertunjukan seni paling ikonik khas Bali ini. Tempat lain yang juga bisa SObat Pesona kunjungi untuk melihat kekayaan budaya Bali adalah Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Selain menyaksikan langsung patung tertinggi di Indonesia, Sobat Pesona juga bisa menonton berbagai pertunjukan seni yang dipentaskan di sana, seperti Tari Kecak dan Tari Barong Bangkung.

Baja Juga :  Strategi Pendidikan Seksualitas Bagi Remaja SMP di Sekolah

Relaksasi pikiran

Setelah Sobat Pesona berpetualang sepanjang hari, istirahatkan tubuh dan jiwamu dengan spa dan relaksasi. Tempat spa bisa Sobat Pesona temukan di seluruh penjuru Bali.  Produk yang digunakan dalam spa khas Bali dibuat dari bahan-bahan lokal berkualitas, lho! Dijamin rileks dan segar kembali deh, Sobat Pesona!

Oleh-oleh khas Bali

Kekayaan budaya Bali yang penuh tercermin melalui adat istiadat, pertunjukan seni, hingga hasil karya seninya. Selama menjelajahi Bali, kamu akan disuguhi oleh pemandangan pura-pura di setiap titik dengan ukiran-ukirannya yang cantik.

Jika Sobat Pesona sedang mencari oleh-oleh, ada banyak sekali toko yang menjual barang-barang atau kerajinan menarik di sepanjang jalan di Bali yang bisa dibawa pulang, mulai dari kudapan yang menggugah selera seperti pai susu hingga kopi, sampai dengan kerajinan tangan yang istimewa. Berkunjunglah ke pasar oleh-oleh Sukawati! Di sini, ada banyak hasil kerajinan unik yang dijajakan hasil para pengrajin lokal.

Sedangkan, di Kuta, Sobat Pesona akan mudah menemukan berbagai macam butik dan toko yang menjual berbagai barang unik. Mulai dari kaos bertuliskan Bali, pakaian berselancar, sandal jepit, hingga pernak-pernik yang estetik. Eits, jangan lupa juga membeli oleh-oleh yang sedang tren saat ini, apalagi kalau bukan minyak esensial aroma terapi untuk relaksasi!

Akomodasi

Sebagian besar hotel berbintang di Bali terletak di dekat pantai. Bahkan beberapa hotel eksklusif menawarkan pantai pribadi, lho! Hotel-hotel internasional berbintang lima, akomodasi mewah, serta restoran mewah dapat Sobat Pesona temukan di kawasan Seminyak. Sedangkan, hotel-hotel yang tersedia di kawasan Pantai Sanur lebih beragam jangkauan harganya. Untuk Sobat Pesona yang lebih suka pemandangan sawah, bisa memilih untuk menginap di Ubud, ya.

Transportasi

Ada banyak moda transportasi yang dapat membantu Sobat Pesona berkeliling selama di Bali. Bagi Sobat Pesona yang tidak membawa kendaraan pribadi, sudah ada banyak transportasi online yang beroperasi di Bali. Selain itu, banyak juga tempat penyewaan motor dengan melengkapi persyaratan berupa KTP dan SIM C lalu membayar biaya sewa per harinya. Saat ini, Bali juga sudah punya moda transportasi umum bernama Bus Trans Sarbagita, lho!

Baja Juga :  Pantai Tercantik di Yogyakarta Untuk Dapatkan Liburan yang Semakin Seru

Yuk, ke Bali!

Jalur Udara

Bagi Sobat Pesona yang memilih transportasi udara untuk menuju ke Bali, pilihlah tujuan Bandara Internasional Ngurah Rai. Penerbangan internasional dan nasional tersedia sepanjang waktu dan siap membawa pengunjung menuju Pulau Dewata. Bandara Ngurah Rai dijadwalkan tutup selama 24 jam pada Hari Raya Nyepi yang biasanya jatuh pada bulan Maret setiap tahunnya.

Jalur Darat

Kehadiran jalur Tol Trans Jawa, membuat Sobat Pesona mencapai Bali lebih mudah dan cepat. Jika dulu perjalanan Jakarta-Bali membutuhkan waktu hingga 38 jam, kini durasi perjalanan bisa berkurang setengahnya, menjadi kurang lebih 20 jam saja. Selama perjalanan menuju Bali, Sobat Pesona juga bisa lho turun di beberapa spot cantik yang dilintasi!


Jalur Laut

Sobat Pesona dapat mengakses Bali dengan kapal feri dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Feri ini akan membawa Sobat Pesona menuju pelabuhan Padang Bai, Karangasem. Nah, sampai di Karangasem, ada berbagai tempat wisata yang bisa Sobat Pesona eksplorasi, seperti Pantai Candidasa, Pura Luhur Lempuyang, Taman Ujung Sukasada, Taman Air Tirta Gangga, dan yang lainnya.

Dari Pulau Jawa, Sobat Pesona bisa mencapai Bali dengan feri dari Banyuwangi, Jawa Timur. Pelabuhan yang akan dicapai di Bali adalah Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana. Pelabuhan ini dekat dengan Taman Nasional Bali Barat, lho! Sobat Pesona bisa mampir sebentar dan menyaksikan jalak putih khas Bali yang langka.

Jangan lupa untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan di mana pun Sobat Pesona berada, ya! Selalu gunakan masker, mencuci tangan secara berkala, dan menjaga jarak.


Referensi : Go

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (1 )