BANGGA BUATAN INDONESIA (BBI) dan SERTIFIKASI PRODUK BERKUALITAS

BANGGA BUATAN INDONESIA (BBI) dan SERTIFIKASI PRODUK BERKUALITAS

Read Time:1 Minute, 33 Second

Gerakan Bangga Buatan Indonesia adalah suatu program yang sangat brilian dan patut didukung, gerakan ini membangkitkan produk2 asli Indonesia, tapi sayangnya campaign ini masih kurang menjadi gerakan nasional, kalau ini terus dijadikan gerakan nasional untuk mencintai produk Indonesia, ini akan sangat dasyat, tetapi ini harus terus menerus dikampanyekan.

Lebel BBI harus dinaikkan, BBI harus menjadi proses screening terhadap produk2 dalam negeri yang berkualitas dan selanjutnya di-sertfikasi secara khusus, dilabelin secara khusus,, sehingga produk ini bisa dipajang di supermarket, di toko manapun, baik online dan offline, semua dengan sertfikat BBI, dengan dipasang sertifikat BBI, artinya produk ini dijamin kualitasnya.

Belajar dari Australia, pemerintah disana mengeluarkan kampanye “Australian Made” sebagai sebuah sertifikasi berupa simbol/ikon yang diberikan untuk perusahaan perusahaan asli Australia yang punya kualitas terbaik dan telah melewati verifikasi oleh badan khusus yang ditunjuk oleh pemerintah.

Bukan hanya itu, perusahaan perusahaan tersebut juga dibukakan akses ke pasar agar pembeli dapat merasakan dan mendapatkan produk australia dari brand brand lokal yang terjamin kualitasnya. Dan kebijakan ini sudah bertahan selama 34 tahun sejak pertama kali di perkenalkan.

Di Indonesia dulu kita pernah punya. (Ada yang ingat?). Tapi sayangnya siapa saja bisa menggunakan logo tersebut tanpa verifikasi atau bila ada verifikasi masih sangat lemah sehingga justru malah merusak brand brand lokal yang kualitasnya sudah baik. Kalau saja model ini dijalankan dengan transparan maka semakin banyak brand lokal berkualitas yang mau bergabung karena insentif yang menarik seperti akses ke pasar, akses ke pendanaan dan akses pengurangan pajak misalnya.

Keren kalau di Indonesia kita bisa mengadopsi ini. Kapan ya.

Baja Juga :  Tutorial WP Sekolah, Tema Gratis Untuk Sekolah, Pesantren, Dan Akademi Tahun 2021

Minimal bisa dilakukan juga dalam skala Pemda ya kalau mau membuat city brandingnya sekalian. bisa juga produk asli desa dilakukan seperti ini, misalnya BBI-Produk Desa.

Ada yang berani mengusulkan ke pemda nya kah? atau ini menjadi GERAKAN NASIONAL.

Sumber @artobiantoro #belajarbranding #artobia

Terimakasih

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )