Belajar Fotografi: Camera Shots dan Camera Angles

Belajar Fotografi: Camera Shots dan Camera Angles

Read Time:1 Minute, 52 Second

Halo, Sobat ! Beberapa waktu lalu kita telah belajar fotografi mengenai segitiga pencahayaan. Selain itu, terdapat juga dasar-dasar fotografi lain seperti camera shots dan juga camera angle (sudut kamera). Yuk simak artikel ini untuk memahami lebih lanjut!

Camera shots adalah bidikan kamera untuk mengambil sebesar apa objek di dalam sebuah frame. Saat memotret , terdapat tiga variasi camera shot yang disesuaikan dengan objek dan keinginan pemotret.

  • Wide shot

Variasi wide shot dilakukan dengan cara mengambil gambar dari jarak yang lumayan jauh agar mendapatkan gambar objek dengan suasana dan kesan yang luas. Wide shot biasanya digunakan untuk memotret pemandangan, arsitektur, foto grup, dan sebagainya.

  • Medium shot

Medium shot diambil dengan cara memotret objek dengan jarak menengah. Umumnya digunakan untuk memotret di sekitar pinggang sampai kepala, untuk menunjukkan bahasa tubuh dan ekspresi. Medium shot sering digunakan untuk memotret manusia dan hewan.

  • Close up

Close up untuk menunjukkan detail-detail pada objek. Cara pengambilannya dengan mendekati objek atau melakukan zoom in melalui lensa kamera. Close up cocok untuk memotret wajah, makanan, atau produk.

Jika tadi sudah membahas camera shots, ada juga yang dinamakan sudut kamera atau camera angles. Camera angles merupakan penempatan kamera dari sudut atau ketinggian tertentu untuk mendapatkan pesan dan momen yang ingin disampaikan dalam gambar.

Sewaktu memotret, perhatikan pemilihan sudut kamera atau camera angles, yang disesuaikan dengan keinginan fotografer. Camera angles terdiri atas low angle, eye level, dan high angle. Berikut penjelasan setiap angle-nya:

  • Low angle

Sudut pandang dari bawah atau low angle membuat objek terlihat lebih tinggi dan kokoh. Biasanya, low angle digunakan untuk pemotretan arsitektur karena memberikan kesan kokoh dan megah.

  • Eye level
Baja Juga :  Eksplorasi Fitur Chromebook Secara Offline, Yuk!

Ini merupakan angle kamera yang cukup umum dan paling sering digunakan. Eye level atau sudut pandang yang sejajar dengan mata manusia biasanya digunakan untuk pemotretan model.

  • High level

High level atau sudut pandang dari atas, membuat objek kelihatan kecil dan objek menjadi seperti miniatur. Sudut pandang ini bisa juga digunakan untuk mengambil pemandangan dari ketinggian untuk memberi kesan luas.

Jadi, itulah tadi beberapa pembelajaran terkait fotografi yang bisa Sobat terapkan dan praktikkan secara langsung. Tip-tip fotografi lain didapatkan di panduan fotografi berjudul Fotografer Hebat terbitan Direktorat SMP tahun 2021. Unduh panduan tersebut secara gratis di situs resmi Direktorat SMP.

Referensi:

Panduan Fotografer Hebat terbitan Direktorat SMP tahun 2021

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )