Eksplorasi Fitur Chromebook Secara Offline, Yuk!

Eksplorasi Fitur Chromebook Secara Offline, Yuk!

Read Time:2 Minute, 41 Second

Apakah Sobat sudah pernah mendengar atau bahkan menggunakan Chromebook? Ya, Chromebook mungkin masih terasa asing bagi Sobat dan masyarakat luas. Chromebook adalah jenis komputer baru yang dirancang untuk membantu Anda menyelesaikan berbagai hal dengan lebih cepat dan lebih mudah. Chromebook menjalankan sebuah sistem operasi bernama Chrome OS, sistem operasi dengan penyimpanan cloud, memiliki fitur-fitur dari Google di dalamnya.

Meski sistem operasi berbasis penyimpanan cloud, bukan berarti Chromebook tidak bisa dioperasikan tanpa koneksi internet.  Chromebook juga dapat digunakan secara offline untuk melakukan berbagai aktivitas seperti mengakses Google Drive, membuat dokumen baru, dan mengakses email. Nah, bagaimana langkah-langkah penggunaannya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

1. Mengakses Google Drive

Pertama, buka Google melalui menu peluncur di Chromebook. Pada halaman drive, pilih ikon pengaturan yang berada di kanan atas layar. Kemudian akan muncul sub menu offline, lalu beri tanda centang, lalu pilih selesai untuk menyimpan perubahan. Jika setelan tersebut sudah dilakukan, Sobat dapat memilih file atau folder yang ingin diakses secara offline. Pada halaman utama tampilan Google Drive, pilih menu “pratinjau offline” yang berada di dekat ikon setelan, geser toggle ke kanan sehingga berwarna biru. Untuk memilih file yang ingin diakses secara offline, Sobat dapat langsung memilih folder atau file kemudian klik kanan pada mouse, akan muncul pilihan “tersedia offline”, geser toggle ke kanan hingga menjadi berwarna biru. Seluruh file atau dokumen yang bisa diakses secara offline dapat diakses pada menu “file saya” pada menu peluncur, lihat pada bagian Google Drive “offline”.

2. Mengakses Gmail 

Untuk mengakses Gmail, Sobat dapat membuka Gmail terlebih dahulu,  lalu masuk ke menu setelan, pilih sub menu “offline”, lalu beri tanda centang pada checkbox “aktifkan email offline”. Sobat juga dapat menyetel durasi waktu email yang ingin disimpan, mengunduh lampiran atau tidak, serta pilihan-pilihan pada sub menu keamanan, lalu pilih “simpan perubahan”. Untuk menggunakan gmail tanpa koneksi internet, Sobat dapat membuat dan mengirim email baru seperti, namun email yang dikirimkan akan masuk ke kotak keluar terlebih dahulu dan akan otomatis terkirim saat Chromebook terhubung internet. Namun pengaturan gmail secara offline ini tidak dapat dilakukan dengan Google Workspace for Education, ya.

Baja Juga :  Aplikasi terbaik untuk mahasiswa atau mahasiswa

3. Membuat dokumen baru

Baca Juga  Menilik Semangat Perjuangan di Balik Lagu Indonesia Raya

Selain mengakses Gmail dan Google Drive, Sobat juga dapat membuat dokumen Google secara offline, loh! Beberapa dokumen yang memungkin setelan secara offline antara lain Google Docs, Google Spreadsheet, dan Google Slide. Pengaturannya cukup mudah. Buka halaman utama Google, klik ikon titik 9 yang ada di sebelah kanan atas, kemudian pilih jenis dokumen apa yang Sobat ingin buat. Selanjutnya, klik menu ikon 3 garis pada bagian kiri atas, klik icon “setelan”. Setelah itu akan muncul kotak dialog, lalu geser toggle pada menu “offline” ke kanan sehingga berubah warna menjadi biru, lalu klik “OK”.

Satu hal yang perlu Sobat ketahui bahwa untuk dapat menggunakan Chromebook secara offline, pastikan akun Google yang digunakan sama dengan akun Google yang digunakan di Chromebook secara online. Hal tersebut bertujuan agar data tersinkronisasi di masa peralihan mode. Sangat menarik bukan? Bagi Sobat SMP yang telah menerima bantuan Chromebook di sekolah, jangan segan-segan untuk bereksplorasi lebih jauh, ya! Semoga artikel ini bermanfaat.


Referensi:

Video Tutorial  Bantuan TIK “Mengoperasikan Chromebook Secara Offline”

https://www.youtube.com/watch?v=oeZuqC9Y3oQ&t=18s

https://support.google.com/chromebook/

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )