HADIS TENTANG PERILAKU PERCAYA DIRI (PERTEMUAN KE 3)

Read Time:51 Second

    Percaya diri adalah yakin terhadap kemampuan yang dimiliki diri sendiri tanpa ada keraguan sedkitpun. Orang yang percaya diri memiliki keberanian, berpikir positif, dan yakin akan kemampuan yang dimilikinya. Keyakinan yang dimilikinya dilandasi pengetahuan yang luas. Namun ingat, jangan sampai rasa percaya diri membuat kalian menjadi sombong.

    Rasulullah SAW bersabda :

artinya 

“Dari Abdu Sa’ad Al-Khudri, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: ‘Ketahuilah, jangan sampai kalian terhalang untuk mengatakan kebenaran karena takut pada manusia.” (H.R. Ahmad)

    Hadis tersebut menjelaskan bahwa kita harus berani dan percaya kepada diri sendiri, jangan takut menyampaikan kebenaran hanya karena manusia. Percaya diri juga harus ditambah dengan ikhtiar dan berdoa sehingga mendapat pertolongan dari Allah.

    Misalnya, kamu tidak percaya diri mengikuti lomba pidato karena lawanmu bagus-bagus. Buanglah perasaan negatif tersebut, karena akan mengganggu konsentrasimu. Jadikan hal itu sebagai motivasi agar kamu tampil percaya diri dan menampilkan yang terbaik. Berlatihlah dengan tekun dan berdoalah agar diberikan kemampuan dan percaya diri.

 

Pejelasan :

 

Baja Juga :  PAI Kelas 6 Pelajaran 5: Keteladanan Rasulullah saw. dan Sahabatnya
CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )