Hadits tentang perilaku mandiri

Read Time:1 Minute, 4 Second

Mandiri adalah sikap terpuji yang dimiliki seseorang dalam melakukan sesuatu atas dorongan sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Seseorang yang memiliki sifat mandiri hidupnya akan tergantung dengan orang lain. Anak mandiri, kreatif dan memiliki inisiatif dalam hidupnya.

Rasulullah SAW bersabda : 

Artinya :

Telah menceritakan kepada kami [‘Abdullah bin Yusuf] telah mengabarkan kepada kami [Malik] dari [Abu Az Zanad] dari [Al A’raj] dari [Abu Hurairah radliallahu ‘anhu] bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam bersabda: “Demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya, sungguh seorang dari kalian yang mengambil talinya lalu dia mencari kayu bakar dan dibawa dengan punggungnya lebih baik baginya daripada dia mendatangi seseorang lalu meminta kepadanya, baik orang itu memberi atau menolak”. (H.R. Bukhari)

Hadis diatas menjelaskan bahwasanya Raslullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk mandiri berusaha dan bekerjasama untuk memperoleh rezeki yang halal daripada harus meminta-minta.

Seorang siswa harus berperilaku mandiri. Siswa maniri dapat mengatasi masalahnya sendiri. Siswa yang mandiri dapat mengerjakan tugas sekolah maupun rumah sendiri tanpa bergantung kepada orang lain. Contohnya Fatimah, dia anak yang rajin. Setiap mendapatkan tugas sekolah, dia selalu mengerjakannya. Tgas rumah pun dikerjakannya sendiri. Misalnya, setelah makan Fatimah mencuci peralatan makannya sendiri, serta merapikan kamar dan tempat tidur sendiri.

Catatan :

Setelah materi diatas di tulis, kirim hasil tulisannya berupa poto atau dokumen atau lainnya ke link dibawah sebagai absensi

ABSENSI 

Baja Juga :  Senang Bisa Membaca Al-Qur'an (Pelajaran 8)
CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )