Jangan Dianggap Sepele! Ini Manfaat Rutin Cuci Tangan Pakai Sabun

Jangan pernah anggap sepele cuci tangan. Ada manfaat dahsyat di baliknya bila ini rutin dilakukan. Seperti apa? Ini dia manfaat cuci tangan yang dibahas dalam webinar yang digelar Lifebuoy bersama IDN Times, Kamis lalu (14/10).

Read Time:4 Minute, 4 Second

Jangan pernah anggap sepele cuci tangan. Ada manfaat dahsyat di baliknya bila ini rutin dilakukan. Seperti apa? Ini dia manfaat cuci tangan yang dibahas dalam webinar yang digelar Lifebuoy bersama IDN Times, Kamis lalu (14/10).

Direktur Sekolah Dasar, Kemendikbudristek, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd dalam keynote speech-nya mengatakan, Kemendikbudristek tengah mendorong pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di sekolah. Hal ini karena melihat banyaknya angka putus sekolah dan learning loss yang di depan mata serta pemunduran karakter karena minimnya interaksi. PTM terbatas ini memerlukan penanganan penuh kehati-hatian. Perlu dilakukan banyak kesiapan agar kesehatan anak tidak terganggu.

Hadirnya webinar bertema cuci tangan yang dimotori Lifebuoy bersama IDN Times ini langsung diapresiasi. Agendanya dianggap pas dengan program PTM terbatas yang sedang didorong oleh Kemendikbudristek.

“Terimakasih Lifebuoy Indonesia dan IDN Times yang sudah serentak bergerak wujudkan generasi sehat,” kata Sri Wahyuningsih dalam webinar bertema Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia 2021: Aksi C untuk Cuci Tangan Demi Masa Depan.

Direktur Sekolah Dasar menegaskan, kegiatan webinar ini merupakan salah satu bentuk kemitraan antara pemerintah dengan dunia usaha yang dibangun dengan berbagai elemen masyarakat. Selain itu, mendorong agar kemampuan literasi di satuan pendidikan dapat terlaksana dengan baik dalam menyiapkan Merdeka Belajar dan anak-anak menjadi Pelajar Pancasila.

Manfaat Rutin Cuci Tangan Pakai Sabun

“Peringatan hari cuci tangan sedunia ini adalah poin penting di saat pandemi Covid-19. Menjalankan kebiasaan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir merupakan bagian dari protokol kesehatan yang wajib diterapkan,” sebutnya.

Dari webinar ini, ada benang merah yang bisa ditarik. Kebiasaan cuci tangan rupanya tidak hanya dapat menghindarkan diri dari virus Covid-19. Efeknya ternyata lebih dahsyat dari itu.

Baja Juga :  Rakor Evaluasi Program Transfer Daerah Pacu Kinerja Pengelolaan BOS dan DAK Fisik

Diskusi seru dimulai saat Head of Skin Cleansing & Baby Unilever Indonesia Maulani Affandi berbagi tentang kabar baik dan kabar yang patut diwaspadai. Ada kabar baik yang dibagi. Indonesia disebut berada di situasi pandemi yang membaik.

Namun, ada warning dari Maulani terkait penelitian John Hopkins. Penelitian itu menyebut pada Juli 2020 hingga Maret 2021 aktivitas rutin cuci tangan di Indonesia mengalami penurunan lima persen. “Jelas hal ini berbahaya,” tutur Maulani.

Dia menyebut, penurunan kebiasaan cuci tangan ini yang menjadi tanda kita harus waspada. Sebab, bukan tidak mungkin virus Covid-19 dan bakteri lainnya masuk ke dalam tubuh. Bila ini terjadi, akan ada dampak serius pada kesehatan, terutama anak-anak yang sedang dalam masa keemasannya.

Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementrian Kesehatan, dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO juga seirama. Dari paparannya, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir bisa mencegah penyakit menular. Dan kemitraan pentaheliks ini disebut sebagai kegiatan yang positif.

“Ada 5 unsur yang harus kolaborasi. Pemerintah, perguruan tinggi, dunia usaha, masyarakat sipil dan media massa. Kami dari Kementerian Kesehatan mengembangkan lokus yang terdapat 5 sasaran yaitu sasaran rumah tangga, sasaran di tingkat sekolah, sasaran di tempat kerja, fasilitas kesehatan dan tempat umum,” ungkapnya.

Perlu dipahami juga bahwa Covid-19 masih menjangkiti anak-anak. Dokter Spesialis Anak, Kanya Ayu Paramastri buka-bukaan soal ini. Dia menyebut 25 persen atau 1 dari 4 anak bisa mengalami long Covid.

Dampaknya bisa sangat merugikan. Anak yang terjangkit bisa selalu merasakan sakit kepala, nyeri, atau penurunan kapasitas paru-paru, dan lain sebagainya.

”Hal ini tentu mengkhawatirkan. Tentu saja ini akan berpengaruh pada proses pembelajarannya nanti. Bagaimana agar long Covid tidak terjadi? Hal yang paling pas adalah kita harus mencegah untuk tidak terinfeksi sedari awal dengan protokol kesehatan dan kebiasaan hidup bersih dan sehat,” ucapnya.

Baja Juga :  Strategi Pendidikan Seksualitas Bagi Remaja SMP di Sekolah

Manfaat Rutin Cuci Tangan Pakai Sabun

Yang menjadi poin penting, pemerintah saat ini terus mendorong sekolah untuk menjalankan pembelajaran tatap muka terbatas. Ini disebut perlu persiapan yang matang dari orang tua dan sekolah.

”Dengan kesehatan fisik yang matang, tentu juga berpengaruh pada kesehatan mental agar menyerap ilmu dengan baik. Tak hanya dari orang tua, sekolah juga harus ada fasilitas untuk membantu sang anak cuci tangan dengan baik,” timpal Psikolog Saskhya Aulia Prima, MPsi.

Dia menilai, akan ada rasa khawatir dari orang tua. Dan menurutnya, hal itu sangat wajar. Namun Saskhya mengingatkan bahwa jangan sampai orang tua masuk dalam waktu Indonesia bagian overthinking. “Fokus saja pada apa yang bisa kita kendalikan seperti memupuk kebiasaan anak untuk cuci tangan dengan baik dan benar,” tambahnya.

Manfaat Rutin Cuci Tangan Pakai Sabun

Untuk memupuk kebiasaan ini, si kecil tak bisa diajarkan secara teori. Orang tua juga tak bisa menyuruh anak untuk melakukan ini. Problematika yang ada, semakin disuruh, anak semakin susah diatur.

Oleh karena itu, Brand Ambassador Lifebuoy, Titi Kamal berbagi cara untuk mengajarkan anaknya untuk mencuci tangan. Di antaranya dengan cara bermain game digital, menonton film, baca buku, lalu mempraktikannya di setiap kesempatan.

”Misalnya kita ada di fasilitas umum atau mal. Kita ajak anak-anak untuk cuci tangan dengan baik. Atau misalkan saya baru pulang, saya bilang tuh kepada mereka. Sebentar, Mama belum cuci tangan dan mandi ya. Nanti dulu. Nah, hal itu bisa bikin sang anak bisa memahami maknanya,” jelas Titi Kamal.

Bagi Titi Kamal, orang tua akan terbantu dan senang dengan adanya media yang asyik untuk anak-anaknya bisa memupuk perilaku bersih dan sehat sejak dini dan mengerti arti penting menjaga kesehatan

Baja Juga :  Seperti Apa Pengaplikasian Hukum Pascal di Kehidupan Sehari-hari?
CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (1)
  • comment-avatar

    I’ve learn some excellent stuff here. Certainly worth bookmarking
    for revisiting. I wonder how a lot attempt you place to create
    one of these fantastic informative web site.

  • Disqus (0 )