Jenis Soal Apa Saja yang Muncul di ANBK 2021?

Read Time:2 Minute, 4 Second

Halo Sobat! Tak lama lagi pemerintah akan menyelenggarakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau yang bisa disingkat menjadi ANBK. Asesmen Nasional ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi dan memetakan mutu pendidikan bagi tiap satuan pendidikan.

Asesmen Nasional sendiri terdiri dari instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi-Numerasi, Survei Karakter, dan juga Survei Lingkungan Belajar. Keseluruhan instrumen ini kelak akan bisa menggambarkan kondisi mutu pendidikan sekolah.

Salah satu instrumen ANBK adalah AKM Literasi-Numerasi. Instrumen ini dirancang melalui soal-soal terkait literasi dan numerasi. Dalam aspek literasi, AKM menilai kemampuan literasi yang mencakup kecakapan berpikir logis-sistematis, kemampuan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah dan mengolah informasi. Sedangkan dalam aspek numerasi AKM mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika.

[artikel number=5 tag=”anbk”]

Dalam ANBK 2021, apa Sobat sebelumnya sudah mengetahui jenis soal apa yang terdapat di dalam ANBK 2021 ini? Jika belum, artikel ini mungkin dapat membantu Sobat dalam mengenal jenis-jenis soal yang akan muncul di AKM beserta cara mengerjakannya. Yuk simak informasi selengkapnya!

1. Bentuk soal objektif

  • Pilihan ganda

Dalam jenis soal pilihan ganda, peserta ujian akan diberikan sebuah pertanyaan dengan pilihan jawaban berganda. Peserta ujian hanya akan memilih satu jawaban yang diyakini benar.

  • Pilihan ganda kompleks benar atau salah

Pada jenis ini, satu soal terdapat beberapa pernyataan di mana peserta akan memilih pernyataan tersebut sesuai atau tidak dengan stimulus yang diberikan.

[artikel number=5 tag=”info-pendidikan”]

  • Pilihan ganda kompleks lebih dari satu jawaban benar

Jika pada pilihan ganda normal peserta ujian hanya akan memilih satu jawaban yang dianggap benar, pada jenis soal ini peserta dapat memilih lebih dari satu jawaban yang dianggap benar.

  • Isian singkat
Baja Juga :  Memahami Tugas Proktor dalam Pelaksanaan ANBK

Jenis soal isian singkat mengharuskan peserta ujian memasukkan jawabannya. Namun, dalam jenis soal ini peserta hanya bisa mengisi jawaban dengan angka.

  • Menjodohkan jawaban

Peserta diminta menghubungkan soal di kotak sebelah kiri, kemudian memilih jawaban pasangannya di kotak sebelah kanan. Sebuah garis akan terbentuk yang menghubungkan kedua kotak tersebut.

[artikel number=5 tag=”sd”]

2 . Bentuk soal nonobjektif

  • Uraian

Pada jenis soal uraian peserta ujian akan menjawab pertanyaan dengan penjelasan. Kolom penjelasan hanya boleh memasukkan huruf, angka, karakter, spasi, dan enter saja.

[artikel number=5 tag=”smp”]

Itulah tadi beberapa jenis soal yang akan muncul di ANBK 2021. Seluruh soal tersebut dapat diselesaikan dengan mudah jika Sobat belajar dengan giat serta tahu tip dan trik mengerjakannya. Maka dari itu, selalu pantau situs kami ya Sobat untuk mengetahui informasi-informasi terkait ANBK!


Referensi: https://www.youtube.com/watch?v=o49Js6EvVkw

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )