Jika Kamu Berada di Pagi Hari Jangan Tunggu Sore Hari

Jika Kamu Berada di Pagi Hari Jangan Tunggu Sore Hari

Read Time:1 Minute, 46 Second

_*السلام عليكم ورحمة الله وبركاته…☺☺☺*_

*Jika Kamu Berada di Pagi Hari Jangan Tunggu Sore Hari…👇👇👇*

عَنْ ابْنِ عُمَرْ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : أَخَذَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمَنْكِبَيَّ فَقَالَ : كُنْ فِي الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيْبٌ أَوْ عَابِرُ سَبِيْلٍ . وَكاَنَ ابْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا يَقُوْلُ : إِذَا أَمْسَيْتَ فَلاَ تَنْتَظِرِ الصَّبَاحَ، وَإِذَا أَصْبَحْتَ فَلاَ تَنْتَظِرِ الْمَسَاءَ، وَخُذْ مِنْ صِحَّتِكَ لِمَرَضِكَ، وَمِنْ حَيَاتِكَ لِمَوْتِكَ

Dari Ibnu Umar ra berkata : Rasulullah saw memegang pundak kedua pundak saya seraya bersabda : Jadilah engkau di dunia seakan-akan orang asing atau pengembara, Ibnu Umar ra berkata : Jika kamu berada di sore hari jangan tunggu pagi hari, dan jika kamu berada di pagi hari jangan tunggu sore hari, gunakanlah kesehatanmu untuk (persiapan saat) sakitmu dan kehidupanmu untuk kematianmu.
(HR. Imam Bukhori no. 6416)

Hadits ini merupakan nasihat yang diberikan Rasulullah Saw. kepada Ibnu Umar ra. Hadits ini mengingatkan kita akan waktu dan kematian yang tidak akan pernah dapat diduga oleh siapapun.

Hendaklah kita senantiasa waspada dengan kematian yang datang secara tiba-tiba. Hendaklah kita senantiasa siap dengan datangnya kematian.

Disebutkan dari para ulama salaf dan ulama hadits bahwa jika seseorang diberi tahu bahwa kematian akan datang kepadanya malam ini, maka belum tentu dia dapat menambah amal kebaikannya.

Mempersiapkan kematian seolah-olah esok akan terjadi. Sehingga tidak akan sedikitpun waktu digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat atau bahkan menimbulkan dosa, sbaliknya setiap kesemptan akan dipergunakan untuk ibadah lillah.

Semoga Alloh Swt. Senantisa memberikan petunjuk dan hidayah-Nya kepada kita sekalian, aamiin… 🤲🤲🤲

💪💪💪☕☕☕👍🏿👍👍🏾🆗👌✅😊😊😊🤝🏻🤝🏾🤝

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )