Kreatifitas dan Keterampilan Siswa SMP Terbuka Dalam Membuat Sandal Gunung Estercik

Kreatifitas dan Keterampilan Siswa SMP Terbuka Dalam Membuat Sandal Gunung Estercik

Read Time:2 Minute, 0 Second

Seiring perkembangan zaman, trend fashion pun juga ikut berkembang dan semakin inovatif. Saat ini Banyak desain-desain yang unik dan kreatif dari ujung rambut sampai ujung kaki, seperti pakaian dan sandal. Mungkin kita masih kurang sadar akan perkembangan sandal, padahal perkembangannya cukup pesat seperti yang kita lihat sekarang. Banyak sekali ragam jenis sandal yang ada mulai dari bentuk, warna, fungsi, dan harga.

Berdasarkan kondisi topografinya jenis sandal juga dibedakan bahan dasarnya, contohnya di kondisi topografi perbukitan bergelombang halus dan kasar serta berkontur pegunungan. Pada topografi perbukitan tidak mungkin kita menggunakan sandal dengan bahan yang tipis. Bagaimana caranya agar kita dapat menggunakan sandal sesuai dengan kebutuhan di kondisi tersebut.

Hal itu lah yang mendorong SMP Terbuka 1 Cikakak untuk mengembangkan keterampilan berupa kriya aksesoris dalam Program Pendidikan Keterampilan (PPK), yaitu membuat sandal gunung bernama “SANDAL GUNUNG ESTERCIK”. Estercik sendiri diambil dari kependekan yang berafiliasi pada “SMP Terbuka Cikakak”.

Bagian bawah sandal atau outsole “SANDAL GUNUNG ESTERCIK” berbahan karet khusus membuat sandal semakin berkualitas. Tidak hanya itu, bagian atas atau insole terbuat dari bahan spongesuper yang merupakan bahan untuk membuat sandal gunung. Maka, dapat dipastikan sandal ini cocok digunakan pada kondisi alam perbukitan dan pegunungan.

Tali pada “SANDAL GUNUNG ESTERCIK” dibuat sendiri menggunakan mesin jahit dan dapat disesuaikan dengan motif yang diinginkan. Hal itu yang membuat desain pada sandal ini lebih cantik dan berwarna. Variasi warna strip pada sandal ini juga membuat desain sandal gunung menjadi lebih beragam.

Seluruh proses produksi “SANDAL GUNUNG ESTERCIK” dilakukan oleh peserta didik SMP Terbuka 1 Cikakak Tempat Kegiatan Belajar (TKB) Sukamulya dengan bimbingan dari guru bina yang memiliki induk latar belakang pendidikan adalah Sarjana PJKR (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi). Progam Pendidikan Keterampilan (PPK) ini sudah dimulai sejak tahun 2010 dengan beragam perkembangannya, mulai dari dikembangkannya jenis keterampilan tata busana, kriya tekstil, dan kriya aksesoris.

Baja Juga :  Memahami Tugas Proktor dalam Pelaksanaan ANBK

SMP Terbuka 1 Cikakak berdiri pada tahun 1998, sekolah ini menginduk kepada SMPN 1 Cikakak.  Lokasi SMP Terbuka 1 Cikakak terletak di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kondisi topografi di Kecamatan Cikakak terdiri dari perbukitan yang bergelombang halus dan kasar, serta berkontur pegunungan dan Ketinggian wilayah tersebut antara 200-600 meter di atas permukaan laut.

Dengan kondisi seperti itu, tidak menyurutkan semangat kreativitas dan keterampilan dari peserta didik. Jika kalian ingin tahu lebih dalam tentang proses produksi, analisis bisnis sampai cerita inspiratif dari pembuatan sandal gunung ESTERCIK SMP Terbuka 1 Cikakak, kalian dapat unduh buku “SANDAL GUNUNG ESTERCIK”.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (2)
  • comment-avatar
  • comment-avatar
    Руди 3 minggu

    очень хорошая статья друг, так держать и продолжать

  • Disqus (0 )