MAKALAH EKONOMI ISLAM

Read Time:1 Minute, 3 Second

 

Bahwa Ekonomi Islam merupakan ilmu yang mempelajari perilaku ekonomi manusia yang perilakunya diatur berdasarkan aturan agama Islam dan didasari dengan tauhid sebagaimana dirangkum dalam rukun iman dan rukun Islam. Segala aturan yang diturunkan Allah swt dalam sistem Islam mengarah pada tercapainya kebaikan, kesejahteraan, keutamaan, serta menghapuskan kejahatan, kesengsaraan, dan kerugian pada seluruh ciptaan-Nya. Demikian pula dalam hal ekonomi, tujuannya adalah membantu manusia mencapai kemenangan di dunia dan di akhirat.

Beberapa aplikasi sistem ekonomi Islam adalah dengan mengamalkan zakat, infak, shodaqoh, dan wakaf dengan ketentuan-ketentuan yang telah diatur sebagaimana mestinya.

Islam mempunyai suatu konsep yang berbeda mengenai kekayaan, semua kekayaan di dunia adalah milik  dari Allah SWT yang dititipkan kepada kita, dan kekayaan yang kita miliki harus diperoleh dengan cara-cara yang halal, untuk mencapai Al-falah (makmur dan success). Hal ini sangat berbeda bila dibandingkan dengan sistem ekonomi sosialis-dimana sumber kekayaan itu sangat langka dan semua kegiatan ekonomi dibatasi oleh negara-, dan sistem ekonomi kapitalis-dimana sumber kekayaan sangat langka dan terjadi persaingan ekonomi yang terlalu bebas.

Rasulullah juga mengajarkan etika bisnis dalam Islam. Dalam menjalankan sistem ekonomi Islam, kita bisa meniru teladan Rasulullah. Rasul bekerja bukan untuk menumpuk kekayaan duniawi. Beliau bekerja untuk meraih keridaan Allah SWT. Itulah yang terpenting.

Unduh untuk lengkapnya

Baja Juga :  Makalah Problematika System Pendidikan Indonesia
CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )