Makalah Hadist Tarbawi – QS Luqman 13-19

Read Time:1 Minute, 19 Second


Suurat
  Luqman Ayat 13 – 19  diatas mengandung beberapa hikmah yang dapat kita simpulkan dan realisasikan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam dunia pendidikan  yaitu :


1.      Bagi pendidik yang harus ditanamkan terlebih dahulu  kepada anak didiknya adalah tentang ketauhidan

2.      Bagi pendidik  harus bisa menanamkan rasa bersyukur kepada Alloh terhadap  anak didiknya, dan pandai berterimakasih  serta berbuat baik kepada sesama, guru dan kedua orang tuanya. 

3.       Kewajiban taat  bagi anak didik kepda kedua orang tua dan gurunya hanya  dalam jalan yang baik, yang diridoi oleh Allo SWT. Tidak ada ketaatan dalam berbuat jahat atau maksiat. 

4.       Kita semua, baik pendidik maopun siswa mempunyai kewajiban untuk saling mengingatkan “ Amar Ma’ruf  Nahyi Munkar”  dalam kehidupan sehari-hari. 

5.       Bagi pendidik  harus bisa menanamkan kepada anak didiknya untuk selau berbuat baik dan beramal sholeh, terutama sholat yang merupakan ibadah yang secara langsung berhubungan dengan Alloh SWT.

6.       Bagi pendidik  harus mampu menanamkan kesabaran kepada anak didiknya dalam mengarungi kehidupan di dunia ini.

7.       Bagi pendidik  harus mampu menanamkan akhlak yang baik kepada Anak didiknya dengan cara memberi contoh yang baik dan tidak menyombongkan diri serta takabur terhadap sesama manusia.

Pendidik harus mempunyai akhlak mahmudah dalam semua tindakannya dan selalu rendah hati serta tidak pilih kasih terhadap didiknya dalam kehidupan sehari-hari.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )