MAKALAH PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN

Read Time:1 Minute, 11 Second

 Udhiyah adalah binatang ternak (unta, sapi/kerbau, atau kambing/domba) yang disembelih pada hari Idul Adlha dan hari-hari tasyriq (11, 12 dan 13 Dzul-Hijjah) dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah dan merupakan salah satu syiar Islam.

Syarat Penyembelihan Qurban : (1) Orang yang berkurban beragama Isla, (2) Dilaksanakan pada bulan Zulhijah (3) Waktu penyembelihan kurban pada tanggal 10 Zulhijah setelah shalat hari raya Idul Adha, dilanjutkan pada hari tasyriq, yaitu tanggal 11, 12 dan tanggal 13 Zulhijah sampai terbenam matahari.

Cara Penyembelihan hewan qurban : Hendaklah dengan menggunakan benda tajam, membaca Basmallah, Membaca Shalawat, Membaca Takbir, dan membaca Doa

Hikmah dari berqurban :

a)         Menghidupkan sunnah Nabi Ibrahim a.s.

b)        Menididik jiwa ke arah taqwa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

c)         Mengikis sifat tamak dan mewujudkan sifat murah hati, mau membelanjakan harta di jalan Allah SWT.

d)        Menghapus dosa dan mengharapkan keridhoan Allah SWT.

e)         Menjalin hubungan kasih sayang antar sesama manusia, terutama antara golongan berada dengan golongan yang kurang bernasib baik.

Akan memperoleh kendaraan atau tunggangan ketika akan melewati Sirat Al-Mustaqim di akhirat kelak. Sabda Nabi Muhammad saw, “Muliakanlah Qurban Kamu Karena Ia Menjadi Tunggangan Kamu Di Titian Pada Hari Kiamat.

Unduh File lengkapnya disini

Baja Juga :  Makalah Implikasi Ilmu Pengetahuan dalam Proses Pendidikan Islam
CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )