MAKALAH ULUMUL HADIS

Read Time:57 Second


Dari uraian di atas kiranya dapat di simpulkan bahwa Ulumul Hadits (Ilmu Hadirts) adalah ilmu pengetahuan yang membicarakan cara-cara persambungan hadits sampai kepada Rasulullah SAW, dari segi hal ihwal para perawinya, yang menyangkut kedabitan dan keadilannya dan dari segi bersambung dan terputusnya sanad dan sebagainya.

Adpun Ilmu hadits itu terbagi menjadi dua bagian :

1.    Ilmu Hadits Riwayah

Yang dimaksud hadits riwayah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari hadits-hadits yang disandarkan kepada nabi Muhammad SAW baik berupa perkataan, perbuatan taqriri, tabi’at, maupun tingkah laku.

2.    Ilmu Hadits Diroyah

Hadits ini bisa disebut ilmu mustolahul hadits, ilmu usul al-hadits.dan kawaid at-tahdid.

Ilmu hadits diroyah menurut ibnu Al-Akfani adalah ilmu pengetahuan untuk mengetahui hakikat periwayatan syarat-sarat , macam-macam, dan hukum-hukum hadits serta untuk mengetahui keadaan para perowi, baik syarat-syaratnya, macam-macamnya hadits yang diriwayatkannya dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya.

3.2 Penutup

Demikian makalah ini dibuat yang tentunya masih banyak kesalah dan kekurangan yang diakibatkan keterbatasan kemampuan penulis. Namun demukian, mudah-mudahan makalah ini ada manfaatnya khususnya bagi penulis dan untuk kemanjuan pendidikan pada umumnya.

  

Baja Juga :  PEMIKIRAN ISMAIL RAJI AL-FARUQI
CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )