Mekanisme Pengerjaan Soal Asesmen Nasional Berbasis Komputer

Read Time:2 Minute, 48 Second

Kemendikbudristek secara resmi telah merilis Prosedur Operasional Standar (POS) Asesmen Nasional pada akhir Agustus 2021. Dalam dokumen tersebut, tercantum bahwa Asesmen Nasional bagi peserta didik jenjang SMP akan dilaksanakan pada 4 – 7 Oktober 2021. Mengingat Asesmen Nasional akan dilaksanakan berbasis komputer, apakah sobat sudah mengetahui bagaimana mekanisme pengerjaan soal-soal Asesmen Nasional menggunakan komputer? Jika belum, simak tahapan pengerjaan di bawah ini, ya.

1. Laman login

Pada lamaan ini peserta wajib memasukkan username dan password yang didapat dari laman anbk.kemdikbud.go.id. Pastikan username dan password sudah sesuai. Setelah login pastikan membaca petunjuk pengerjaan soal dengan saksama pada kolom di sebelah kiri. Setelah itu peserta diminta memasukkan nama, tanggal lahir, dan token pada kolom konfirmasi data peserta. Untuk ANBK dengan sistem daring, token akan muncul pada pojok kiri atas. Sedang untuk moda semi daring, kode token tidak akan muncul melainkan didapat melalui proktor. Selanju.tnya peserta menekan tombol submit untuk menuju konfirmasi tes. Klik tombol mulai untuk mengerjakan tes.

[artikel number=5 tag=”anbk”]

2. Halaman tes 

Dalam halaman tes terdapat beberapa tombol navigasi yang memiliki fungsi berbeda-beda. Peserta akan dapat melihat informasi username peserta yang sedang mengerjakan soal pada pojok kanan atas, kemudian melihat nomor soal yang sedang dikerjakan, pengaturan ukuran tulisan, sisa waktu pengerjaan, daftar soal, tombol sebelumnya, tombol ragu-ragu, tombol berikut. Pada bagian tengah halaman tes, tampilan utama yang muncul adalah tampilan soal yang terdiri dari wacana/stimulus, pertanyaan, dan pilihan atau isian jawaban.

3. Perpindahan tingkatan (stage)

Pada setiap tes literasi dan numerasi ANBK, peserta akan melewati 3 tingkatan dimana tahap awal akan diberikan soal pada tingkatan sedang. Jika dalam menjawab soal-soal awal sebanyak minimal 50% dengan benar, maka peserta akan melanjutkan soal ke tingkatan yang lebih tinggi. Sedangkan bila peserta menjawab soal-soal awal kurang dari 50% dengan benar, maka peserta akan melanjutkan soal ke tingkatan yang lebih rendah. Setiap kali akan berpindah stage, akan muncul tampilan konfirmasi pindah stage. Bila peserta telah berpindah ke stage kedua, maka peserta tidak bisa lagi melihat soal di stage pertama begitupun jika peserta sudah berpindah ke stage ketiga. Peserta hanya akan bisa mengerjakan soal di stage saat itu. Setelah menyelesaikan semua soal di stage ketiga, peserta dapat menekan tombol selesai, lalu akan muncul notifikasi untuk mengakhiri tes sebanyak 3 kali. Bila ada soal yang masih ditandai ragu-ragu, maka akan muncul notifikasi pengingat, dan peserta harus menghilangkan tanda ragu-ragu pada soal yang ditandai.

Baja Juga :  Pedoman Pelaksanaan Asesmen Nasional 2021

[artikel number=5 tag=”sma”]

4. Survei Karakter / Survei Lingkungan Belajar

Setelah menyelesaikan tes literasi numerasi, peserta akan diminta mengerjakan sub tes yang pertama. Akan muncul konfirmasi tes, lalu klik tombol mulai, sub tes akan mulai setelah 60 detik. Pada sub tes kedua ini peserta akan mengerjakan soal angket terkait karakter atau survei lingkungan belajar menggunakan mekanisme CBT (sama dengan mekanisme stage pada soal literasi numerasi). Dalam proses ini tidak ada penilaian salah atau benar. Setelah peserta menyelesaikan seluruh stage, akan muncul konfirmasi sebanyak 3 kali untuk menyelesaikan tes. Setelah selesai tes, akan muncul konfirmasi untuk kembali ke halaman login.

Bagaimana sobat, apakah sudah memahami mekanisme pengerjaan soal AN berbasis komputer? Semoga setelah membaca artikel ini, sobat menjadi lebih paham, ya. Informasi lain terkait detail pelaksanaan, petunjuk teknis, dan ketentuan pelaksanaan AN lainnya dapat dilihat dengan mengunduh dokumen berikut ini.

[artikel number=5 tag=”smp”]


Referensi: Youtube Pusmenjar (https://www.youtube.com/watch?v=NPagL_KrQb4&t=184s)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )