Mengenal Lebih Dekat Organisasi Palang Merah Indonesia

Mengenal Lebih Dekat Organisasi Palang Merah Indonesia

Read Time:2 Minute, 14 Second

Seperti kita ketahui bahwa setiap tanggal 17 September diperingati sebagai Hari Palang Merah Indonesia. Tahun ini merupakan peringatan hari Palang Merah Indonesia yang ke-76 dengan mengangkat tema “Bergerak Bersama Untuk Sesama”. Tema tersebut ini mengandung makna bahwa PMI di setiap tingkatan harus bergerak bersama dalam jalinan koordinasi dengan setiap pemangku kepentingan, sekaligus mempererat dan memperluas jejaring kemitraan guna mempermudah dan mempercepat layanan kemanusiaan terutama di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Dalam rangka memperingati hari Palang Merah Indonesia, mari kita lebih jauh untuk mengenal sejarah pembentukan dan profil organisasi Palang Merah Indonesia. Pada tanggal 3 September 1945, Presiden Soekarno memerintahkan Menteri Kesehatan, Dr. Boentaran Martoatmodjo, membentuk badan palang merah nasional untuk menunjukkan eksistensi negara Indonesia kepada dunia pasca proklamasi tanggal 17 Agustus 1945. Palang Merah Indonesia (PMI) kemudian resmi didirikan pada tanggal 17 September 1945 dengan menunjuk Drs. Mohammad Hatta sebagai ketua.

Pasca pembentukan, PMI mulai merintis kegiatannya dengan memberi bantuan korban perang revolusi kemerdekaan Indonesia dan pengembalian tawanan perang sekutu maupun Jepang. Secara internasional pada 15 Juni 1950, keberadaan PMI diakui oleh Komite Internasional Palang Merah (International committee of the Red Cross) atau disingkat ICRC. Setelah itu, PMI diterima menjadi anggota Perhimpunan Nasional ke-68 oleh Liga Perhimpunan Palang Merah pada 16 Oktober 1950.

Dasar hukum pendirian PMI adalah Keputusan Presiden RIS Nomor 25 tanggal 16 Januari 1950 tentang penunjukkan Perhimpunan PMI sebagai satu-satunya organisasi untuk menjalankan pekerjaan Palang Merah di Republik Indonesia Serikat menurut Konvensi Jenewa (1864, 1906, 1929, 1949) dan Keputusan Presiden Nomor 246 tanggal 29 November 1963 tentang pengesahan Pemerintah Republik Indonesia mengenai tugas pokok dan kegiatan-kegiatan PMI yang berasaskan perikemanusiaan dan atas dasar sukarela.

Baja Juga :  Orang Beriman Kondisi Fisik n Mentalnya Lebih Sehat

Perhimpunan PMI adalah komponen Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit merah yang netral dan mandiri yang menjalankan mandat tugasnya untuk meringankan penderitaan sesama manusia dengan tidak membeda-bedakan agama, bangsa, suku bangsa, bahasa, golongan dan pandangan politik sejalan dengan Prinsip dasar Gerakan.

PMI merupakan organisasi kemanusiaan pertama dan terbesar di Indonesia saat ini. PMI bertugas memberikan bantuan dan layanan pada masyarakat korban konflik, bencana, krisis kesehatan, mendiseminasikan nilai-nilai kemanusiaan dan hukum humaniter internasional. Selain itu, PMI juga memiliki unit donor darah di setiap kota untuk memenuhi kebutuhan darah di masyarakat.

Nah, itulah sejarah singkat sekaligus profil dari organisasi PMI. Di jenjang pendidikan SMP sendiri gerakan palang merah juga hadir dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR). Bagi Sobat yang memiliki ketertarikan untuk membantu sesama dapat mencoba bergabung dalam ekstrakurikuler PMR yang ada di sekolah. Selamat Hari Palang Merah Indonesia!


Referensi:

http://pustakapmi.id/videos/video-profile-pmi-kenali-pmi/

http://pustakapmi.id/2020/06/10/buku/pmi-profile/

http://pustakapmi.id/2021/09/03/dokumen/see-hut-ke-76-pmi/

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )