PAI Kelas 1 Pelajaran 1 : Kasih Sayang

Read Time:1 Minute, 29 Second

 

 

Kasih sayang Allah Swt. pada hambanya luar biasa besar. Allah maha pengasih dan penyayang. Lihatlah alam di sekitar kita yang sungguh indah. Langit biru di siang hari, bintang-bintang yang berkedip indah di waktu malam, matahari yang menyinari dan sumber energi yag tiada habis, hujan sebagai sumber penghidupan, dan masih banyak lagi.

1) Kasih Sayang Nabi Muhammad saw.

Muhammad Rasulullah menyayangi umatnya. Beliau sangat mencintai anak-anak terutama anak yatim. Ketika Hari Raya Idul Fitri tiba. Anak-anak bergembira. Ketika Rasulullah pulang, ada anak menangis. Rasulullah berkata, “Jangan menangis anakku. Aku akan membahagiakanmu”.

Mari kita senantiasa bersalawat pada Nabi Muhammad saw sebagai salah satu bentuk kasih sayang kepada beliau. Salah satu salawat yang bisa kita lantunkan adalah salawat badar. Berikut ini adalah lafadz salawat badar:

Salawat badar, Kasih sayang ALLAH

Terjemahannya adalah: “Rahmat keselamatan Allah, tetap untuk Nabi Muhammad, Rahmat keselamatan Allah, tetap untuk kekasih Allah”.

2) Kasih Sayang Allah Swt.

Ar-Rahman dan ar-Rahim termasuk Asma’ul Husna. Asma’ul Husna adalah nama-nama Allah yang baik. Ar-Rahman artinya Maha Pengasih. Allah adalah Tuhan yang maha pengasih yang mengasihi seluruh makhluk-Nya.

Ar-Rahim artinya Maha Penyayang. Allah Swt. selalu menyayangi kita semua. Kita juga harus selalu menyayangi sesama makhluk terutama orang tua, guru, saudara, dan sahabat-sahabat kita.

Kasih sayang dalam kehidupan banyak macamnya. Kita harus menyayangi diri sendiri dengan menjaga kesehatan, belajar, dan rajin beribadah.

Menyayangi teman adalah salah satu bentuk kasih sayang. Menjenguk teman yang sedang sakit atau menolong mereka yang sedang kesusahan adalah contoh nyatanya.

Menjaga lingkungan tetap sehat dan bersih, juga termasuk contoh kasih sayang. Lingkungan yang terjaga dengan baik pasti akan bermanfaat bagi kita. Allah telah menciptakan dunia beserta isinya untuk kita semua, sebagai bentuk kasih sayang-Nya kepada kita.

Baja Juga :  PAI KELAS 2 PELAJARAN 5: HIDUP BERSIH DAN SEHAT

Baca secara online klik buku di bawah

FlipHTML5 LightBox Embed Demo
CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )