PAI KELAS 2 PELAJARAN 11: AYO KITA SHALAT

Read Time:1 Minute, 5 Second

 Shalat adalah bentuk bersyukur atas nikmat yang Allah berikan. Shalat untuk mengingat Allah. Shalat itu kewajiban yang telah ditentukan waktunya bagi orang-orang yang beriman. Ayo kita shalat.

Shalat sebagai bukti ketaatan kepada Allah Swt. Mendirikan salat menjauhkan diri dari perbuatan keji dan mungkar. Sebaiknya shalat dilakukan di awal waktu.

A. Bacaan Shalat

Allah Swt. mencintai orang yang mendirikan shalat. Mohonlah pertolongan kepada Allah dengan mendirikan shalat, karena Allah Swt. akan memberikan banyak pahala.

Agar Shalat kita benar, kita harus hafal bacaannya. Bagaimanakah bacaan Shalat itu? Mari kita pelajari hal-hal berikut ini!

1. Niat

Niat adalah menyengaja sesuatu dibarengi dengan melakukan perbuatan. Berniat sholat dalam hati hendak mendirikan salat menjelang takbiratul ihram.

Niat sholat harus jelas, dengan menetapkan dalam hati jenis shalat yang akan dilaksanakan, shalat fardlu atau wajib disebutkan nama shalat-nya. Selain itu, harus jelas pula niat salat sendiri, sebagai imam atau ma’mum. Jika dibunyikan dalam bahasa Arab atau cukup dalam hati, contohnya:

Niat Sholat

2. Takbiratul Ihram

Takbiratul Ihram

3. Do’a Iftitah

Do'a Iftitah

4. Surat Al-Fatihah

5. Surat atau Ayat Al-Qur’an

6. Rukuk

Doa Rukuk

7. I’tidal

I’tidal

Setelah berdiri tegak, dan kedua tangan diturunkan, lalu membaca:

Doa I’tidal

8. Sujud

doa Sujud

9. Duduk di Antara Dua Sujud

Doa Duduk di Antara Dua Sujud

10. Tasyahhud Awwal

Tasyahhud Awal

11. Tasyahhud Akhir

Doa Tasyahhud Akhir

12. Salam

B. Praktik Shalat

Kamu sudah hafal bacaan shalat kan. Nah, sekarang kamu juga harus mengetahui praktik shalat. Berikut urutan praktik dan gerakan sholat.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )