PAI KELAS 3 PELAJARAN 7: HATI TENTERAM DENGAN BERPERILAKU BAIK

Read Time:1 Minute, 2 Second
Orang yang berperilaku baik hidupnya tenteram. Berperilaku baik selalu banyak teman, banyak saudara dan dicintai banyak orang. Dalam beramal, niatnya karena Allah Swt. bukan karena manusia.

A. Ikhlas

Niat yang baik menjadi awal perbuatan baik. Niat yang ikhlas akan mengantarkan perbuatan yang ikhlas pula. Allah Swt. tidak memandang kepada rupa dan harta kita. Allah Swt. melihat hati dan amal kita.

Ikhlas artinya mengerjakan suatu kebaikan dengan niat hanya kepada Allah Swt. untuk memperoleh ridha-Nya. Ikhlas menjadi syarat diterimanya amal.

Allah Swt. berfirman dalam al-Qur’n :

Artinya: “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepadanya dalam (menjalankan) agama ...” (Q.S. al-Bayyinah/98:5)

B. Mohon Pertolongan

Allah Swt. sebagai satu-satunya tujuan dalam beribadah. Hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan. Allah Swt. melarang hamba-Nya memohon pertolongan kepada selain Allah Swt.

Allah Swt. berfirman dalam al-Qur’an :

Artinya: “Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan”. (Q.S. al-Fatihah/1:5).

Memohon pertolongan kepada Allah Swt. dengan cara berdoa kepada Allah Swt. Berdoa dilakukan setiap hari, baik di waktu sempit maupun lapang, di waktu sehat maupun sakit dan di waktu senang maupun susah.

Keutamaan berdoa, di antaranya, Allah Swt. selalu menyertai hamba-Nya yang berdoa kepada-Nya.

Baja Juga :  Pelajaran 10 Perilaku Terpuji (PAI Kelas 1 SD)
CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (1 )