PEDULI DAN BERSYUKUR (PAI KELAS 3 SD)

Read Time:5 Minute, 32 Second

Bersyukur merupakan bentuk terima kasih seorang hamba kepada Tuhannya. Bersyukur dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, dengan memberikan sebagian harta yang dimiliki, membantu mengajarkan teman yang belum memahami pelajaran, dan berbakti kepada kedua orang tua.

Kita harus bersyukur kepada Allah karena masih diberi kesempatan untuk berbakti kepada kedua orang tua. Bagaimana jika orang tua tidak ada? Kita harus menysukuri kebaikan kedua orang tua yang telah melahirkan, mencari nafkah, mengasuh, dan mendidik dengan kasih sayang. Oleh karena itu, berbaktilah kepada kedua orang tua dan bertutur katalah yang santun, jangan sampai menyinggung perasaan keduanya. Sebagaimana Allah berfirman dalam surah Al-Isra’ ayat 23:

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعۡبُدُوٓاْ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلۡوَٰلِدَيۡنِ إِحۡسَٰنًاۚ إِمَّا يَبۡلُغَنَّ عِندَكَ ٱلۡكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوۡ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفّٖ وَلَا تَنۡهَرۡهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوۡلٗا كَرِيمٗا 

artinya :

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik” (Q.S. Al-Isra’/17:23)

Peduli Terhadpa Sesama

Pengertian Peduli Terhadap Sesama

Manusia adalah makhluk sosial yang hidup saling berdampingan dengan orang lain. Sebagai makhluk sosial, manusia memiliki kewajiban untuk peduli kepada sesamanya. Terlebih kepedulia terhadap saudara sesama muslim. Rasulullah SAW menegaskan bahwa muslim yang satu dengan muslim yang alinnya adalah bersaudara. Bahkan rasulullah mengibaratkan sesama manusia bagaikan satu tubuh. Sebagaimana dalam hadisnya: 

artinya:
Dari Nu’man bin Basyir dia berkata: Rasulullah SAWBersabda, “Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal saling mencintai, menyayangi, dan mengasihi bagaikan satu tubuh. Apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, maka seluruh tubuhnya akan ikut terjaga (tidak bisa tidur) dan panas (turut merasakan sakitnya),” (HR. Bukhari dan Muslim).

Peduli artinya sikap ikut merasakan terhadap sesuatu yang menimpa orang lain dengan cara memberikan bantuan atau pertolonga. Kepedulian terhadap sesama dapat dilakukan dengan memberikan benda, perhatian dan kasih sayang, ilmu atau nasihat yang baik, atau apa saja yang kita miliki. Hal yang terpenting kepedulian tersebut harus dilandasi dengan ikhlas. Peduli terhadap sesama merupakan perintah Allah yang diwajibkan kepada sesama makhluknya.

Baja Juga :  CONTOH SOAL UTS PAI KELAS 1 SD

Sebagai seorang pelajar, kalian juga harus memiliki sikap peduli terhadap sesama teman. Tumbuhkan sikap tersebut dengan selalu membantu teman yang sedang kesulitan atau menolong mereka yang sedang ditimpa musibah.

Banyak ayat Al-Qur’an yang memerintahkan agar kita peduli terhadap sesama. Terlebih kepada mereka yang kurang mampu atau yang sedang tertimpa musibah. Salah satu bentuk kepedulian terhadap sesama terdapat dalam perintah kurban. 

Allah SWT berfirman:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنۡحَرۡ 

Artinya :

“Maka laksanakanlah Sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).” (Q.S. Al-Kautsar/108:2)

Selain sebagai tanda syukur dan ketaatan kepada Allah, iabadah kurban juga merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama. Mereka yang mampu akan melaksanakan kurbannya. Daging kurban akan diberikan kepada mereka yang kurang mampu. Dengan begitu, akan terjalin rasa kasih sayang diantara si kaya dan si miskin.

Banyak sekali manfaat yang dapat kita rasakan dari sikap peduli terhadap sesama. Baik untuk orang yang melakukan kepedulian tersebut, orang yang dibantu, maupun lingkungan tempat tinggal. Adapun manfaat yang kita dapatkan dari sikap peduli terhadap sesama antara lain sebagai berikut:

  1. Menumbuhkan sikap positif dalam diri
  2. Mengurangi sifat egois (mementingkan diri sendiri)
  3. Mengurangi beban dan penderitaan orang lain.
  4. Membbuat orang lain yang kita bantu menjadi bahagia.
  5. Timbulnya masyarakat yang memiliki tingkat kepedulian yang tinggi
 Contoh Peduli Terhadap Sesama Dalam Kehidupan Sehari-hari
Bentuk atau contoh kepedulian terhadap sesama dapat kita wujudkan dalam berbagai hal. Berikut ini conth-contoh kepedulian terhadap sesama dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Membantu korban bencana alam dengan memberikan pakaian layak pakai, makanan, dan obat-opbatan.
  2. Memberikan pinjaman uang saat sesesorang membutuhkan.
  3. Memberikan tempat tinggal dan pedidikan kepada anak-anak jalanan dan putus sekolah
  4. Menghibur teman, saudara, atau tetangga yang sedang mendapat kesulitan.
  5. Menjenguk teman yang sedang sakit.
Baja Juga :  PAI KELAS 2 PELAJARAN 3: ALLAH MAHA PENCIPTA

Bersyukur

Pengertian Bersyukur
Syukur artinya rasa terima kasih kepada Allah SWT. Lawan dari sifat syukur adalah kufur. Bersyukur merupakan rasa terima kasih seorang hamba kepada Allah yang telah memberikan begitu banyak nikmat-Nya.
Bentuk syukur dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu sebagai berikut.
  1. Bersyukur dengan hati dan perasaan, contohnya dengan menghindari perilaku buruk yang dibenci manusia atau Allah SWT.
  2. Beryukur dengan mulut atau ucapan, contohnya berdoa, membaca ayat Al-Qur’am atau berzikir menyebut nama Allah.
  3. Bersyukur dengan amal perbuatan, contohnya melaksanakan Sholat lima waktu, berpuasa, mengerjakan hji, bersedekah.

Syukur merupakan perintah Allah kepada setiap hamba-Nya. Orang yang selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah akan ditambah nikmat yang lain. Namun sebaliknya, bagi mereka yang ingkar terhadap nikmat pemberian Allah akan mendapat azab yang pedih. Sebagaimanan dijelaskan dalam friman-Nya:

 َإِذۡ تَأَذَّنَ رَبُّكُمۡ لَئِن شَكَرۡتُمۡ لَأَزِيدَنَّكُمۡۖ وَلَئِن كَفَرۡتُمۡ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٞ 
 
 artinya:
Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (Q.S. Ibrahim/14:7)
Ayat menjelaskan bahwasanya Allah akan menambahkan nikmat bagi hamba-Nya yang bersyukur. Alllah juga akan memberikan azab terhadap hamba-Nya yang kufur nikmat. Contohnya, orang yang selalu menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu orang lain, dengan bersedekah misalnya, hartanya tidak akan pernah habis, justru malah bertambah. Dan Allah juga memberikan nikmat yang lain berupa keberhasilan dan kesuksesan usahanya. Sebaliknya orang yang kufur, menghabiskan hartanya dengan berhura-hura, maka Allah akan memberikan kehinaan di dunia dan di akhirat.
 
Contoh Bersyukur dalam Kehidupan Sehari-hari
Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menunjukkan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Berikut ini beberapa  contoh beryukur yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Melaksanakan Sholat dan ibadah lainnya dengan khusyuk.
  2. Banyak berzikir menyebut asma Allah seperti tasbih, tahlil, tahmid, maupun takbir.
  3. Menafkahkan sebagian harta yang dimiliki untuk membantu fakir miskin, menyubang masjid, anak yatim, dan kegiatan syiar Islam lainnya.
  4. Tidak sombong dan foya-foya dalam emnggunakan hartanya yang dimilikinya.
  5. Mensyukuri apa yang dimiliki dan tidak mudah mengeluh.
  6. Memanfaatkan pemberian Allah, baik akal, harta, dan ilmu dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan umat.
Baja Juga :  PAI Kelas 6 Pelajaran 9 : AYO BERINFAK DAN BERSEDEKAH
CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )