Pemanfaatan Google Workspace For Education dengan Chromebook

Read Time:3 Minute, 21 Second

Di era digital seperti saat ini pemanfaatan berbagai platform digital guna mendukung pembelajaran menjadi sangat penting. Salah satu platform digital yang dapat digunakan baik oleh guru maupun peserta didik dalam proses belajar mengajar adalah Google Workspace For Education. Nah, apakah Sobat SMP sudah mengetahui Google Workspace For Education?

Google Workspace For Education adalah rangkaian platform milik Google yang memberikan serangkaian fitur yang didesain untuk memberdayakan guru dan peserta didik saat mereka belajar dan berinovasi bersama, serta memiliki fitur berbasis cloud dan mudah diterapkan di seluruh ruangan kelas pada lembaga penyelenggara pendidikan.

Secara umum Google For Education memiliki beberapa manfaat utama yaitu memudahkan para pengguna untuk berkolaborasi dimana pun, memudahkan komunikasi dalam berbagai format, mengatur kelas daring dengan mudah, memudahkan manajemen tugas bagi pendidik dan peserta didik, dan menyederhanakan berbagai kebutuhan administratif. Lalu, platform apa saja terdapat dalam Google Workspace For Education?

1. Gmail

Gmail dapat digunakan untuk berkirim dan mengelola surat elektronik. Untuk menggunakan seluruh platform milik Google, Sobat SMP harus membuat akun Gmail terlebih dahulu. Setelah memiliki akun Gmail, Sobat SMP dapat mengatur setelan seperti tanda tangan elektronik, label email masuk, membuat folder-folder email, dan lain-lain.

2. Google Drive

Google Drive merupakan ruang berbagi sekaligus penyimpanan dokumen berbasis cloud. Setiap pengguna akun Google, secara otomatis memiliki ruang penyimpanan dalam Google Drive sebesar 15GB. Google Drive dapat menyimpan file-file offline dengan cara diunggah terlebih dahulu, maupun menyimpan file-file yang dibuat secara daring menggunakan platform Google Docs, Google Slide, Google Spreadsheet, maupun Google Forms. Setelah tersimpan dalam Google Drive, dokumen tersebut dapat dibagikan kepada orang lain dengan memasukkan akun Gmail orang yang dituju.

Baja Juga :  Eksplorasi Fitur Chromebook Secara Offline, Yuk!

3. Google Docs

Google Docs merupakan platform pengolahan kata maupun data yang nantinya juga dapat dibagikan ke orang lain. Fungsi dan fitur-fitur Google Docs serupa dengan Microsoft Word yaitu menuliskan teks dengan berbagai simbol, penomoran, dan tata letak. Namun tentunya terdapat beberapa menu unggulan seperti dapat langsung bisa menulis bersama pengguna lain di lembar kerja yang sama di waktu bersamaan, fitur otomatisasi pengetikan hanya dengan menggunakan suara (voice typing), dan fitur translasi dokumen.

4. Google Slide

Bila mungkin Sobat SMP sudah mengenal Microsoft Power Point sebagai tools pembuat materi presentasi, maka Google juga memiliki tools serupa bernama Google Slide. Seperti namanya, fungsi utama dari Google Slide adalah membuat desain presentasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Terdapat beberapa template yang bisa dipilih. Pengguna juga dapat memasukkan gambar, diagam, video, audio, dan lain-lain.

5. Google Spreadsheet 

Google Spreadsheet berfungsi untuk mengolah data dalam bentuk data maupun diagram. Terdapat banyak menu yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah pengolahan data seperti menjumlahkan data, mencari nilai-nilai dengan rumus tertentu, mengklasifikan data, sekaligus memvisualisasikan data.

6. Google Forms

Bagi Sobat SMP yang ingin melakukan pengumpulan data dari pihak lain bisa menggunakan Google Forms sebagai tools pengumpulan data. Google Forms memungkinkan para penggunanya untuk menyusun pertanyaan-pertanyaan yang ingin diajukan sekaligus mengatur pilihan jawaban yang dibutuhkan seperti pilihan ganda, uraian singkat, pertanyaan terbuka yang bersambung pada pertanyaan lain, atau pun skala.

7. Google Classroom

Bagi Sobat SMP yang tengah menjalani pembelajaran jarak jauh dapat memanfaatkan platform Google Classroom. Platform ini membantu Peserta Didik dan Guru mengatur tugas, meningkatkan kolaborasi, dan menumbuhkan komunikasi yang lebih baik. Dengan menggunakan Classroom pengguna dapat membuat kelas daring, membagikan pengumuman, materi, penugasan dan kuis jarak jauh yang mudah diakses Peserta Didik melalui berbagai perangkat.

Baja Juga :  Tinjau Pelaksanaan PTM Terbatas, Direktur SMP Minta Peserta Didik Langsung Pulang Usai Tatap Muka di Sekolah

8. Google Meet

Salah satu fitur untuk mengelola acara secara efisien adalah dengan memanfaatkan Google Meet. Google Meet dapat digunakan oleh guru untuk melakukan video konferensi dengan peserta didik secara daring. Sobat SMP dapat menjadwalkan sesi video konferensi dan membagikan undangan ke orang lain dengan cara memasukkan alamat email orang tersebut. Setelah itu, secara otomatis undangan tersebut akan masuk ke email dan terhubung langsung dengan Google Calendar.

Itulah 8 (delapan) platform dalam Google Workspace For Education yang dapat Sobat SMP eksplorasi melalui Chromebook. Semoga dengan memahami berbagai platform di Google Workspace For Education dapat membantu proses belajar mengajar dari rumah berlangsung dengan lancar dan efektif. Informasi lengkap mengenai eksplorasi Chromebook juga bisa didapatkan dengan mengunduh panduan peralatan TIK tahun 2021 pada tautan berikut.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )