Peran otoklaf besar dalam sterilisasi peralatan rumah sakit

Peran otoklaf besar dalam sterilisasi peralatan rumah sakit

Read Time:2 Minute, 9 Second

Tanpa alat sterilisasi autoklaf , hampir dapat dipastikan bahwa sebagian besar rumah sakit tidak dapat berfungsi seefisien saat ini. Mereka mudah digunakan, cepat, hemat biaya, dan sangat dapat disesuaikan dengan kebutuhan fasilitas medis. Teruslah membaca untuk mengetahui lebih banyak tentang peran penting mereka dalam sterilisasi peralatan rumah sakit!

Apa sebenarnya autoklaf itu?

Juga dikenal sebagai sterilisasi uap, autoklaf pada dasarnya adalah mesin dengan ruang tertutup yang digunakan dalam sterilisasi peralatan rumah sakit, dan memungkinkan staf untuk menggunakan kembali alat bedah seperti pisau bedah atau klem. Semua ini dicapai dengan menerapkan panas, tekanan, dan uap di dalam bejana tertutup autoklaf.

Dalam beberapa kasus, mereka bahkan dapat digunakan untuk pembuangan limbah rumah sakit, dengan menghancurkan organisme berbahaya di permukaan beban di dalam ruang sterilisasi uap, memungkinkan mereka untuk diangkut dengan aman untuk pembuangan akhir limbah. Dibandingkan dengan insinerator, mereka juga jauh lebih kompak, dan dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam sistem pengelolaan limbah fasilitas medis. Model-model paling modern juga dilengkapi dengan sistem hemat energi dan air yang canggih, membuatnya jauh lebih ramah lingkungan juga.

Sterilisasi uap: langkah yang tidak boleh dilewatkan oleh rumah sakit

Seharusnya tidak mengherankan bahwa pembersihan dan desinfeksi peralatan rumah sakit adalah tugas yang selalu ada dari staf medis. Namun, tanpa menggunakan sterilisasi uap, seseorang tidak akan pernah bisa 100% yakin bahwa semua bakteri dan spora memang telah dimusnahkan, karena beberapa mikroorganisme tahan terhadap panas.

Salah satu manfaat utama autoklaf adalah mampu melampaui ketahanan ini dengan mencapai suhu lebih dari 100 derajat Celcius! Ini juga membantu mempercepat proses, karena (bergantung pada jumlah alat di dalam ruangan) autoklaf dapat menyelesaikan siklus sterilisasinya bahkan dalam waktu sekitar 20 menit!

Mesin autoklaf berkapasitas besar untuk rumah sakit besar

Di antara semua fasilitas medis, rumah sakit dapat menghadapi tantangan terbesar dalam hal sterilisasi peralatan medis: karena mereka harus menangani pasien dalam jumlah besar, mereka juga menggunakan banyak alat setiap hari. Inilah sebabnya mengapa fasilitas terbesar harus sangat berhati-hati saat memilih model alat sterilisasi uap yang akan digunakan.

Untungnya, otoklaf tersedia dalam berbagai ukuran dan sangat dapat disesuaikan, dengan banyak aksesori tersedia untuk memfasilitasi tugas sehari-hari staf rumah sakit. Autoklaf besar sangat membantu rumah sakit yang harus dapat mensterilkan peralatan sebanyak mungkin dalam satu siklus. Tergantung pada pabrikannya, mereka dapat mulai dari kapasitas 110 liter, hingga 12 STU yang menakjubkan!

Terlepas dari ukurannya, fleksibilitasnya membuatnya sangat cocok untuk Central Sterile Service Departments (CSSD), dan bahkan dapat digunakan dalam aplikasi farmasi dan bioteknologi.

Secara keseluruhan, ada banyak, banyak alasan bagi rumah sakit untuk menggunakan autoklaf, dan sebagian besar fasilitas canggih sudah melakukannya: mereka membuat hidup lebih mudah bagi pasien dan staf medis!

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )