Seperti Apa Pengaplikasian Hukum Pascal di Kehidupan Sehari-hari?

Seperti Apa Pengaplikasian Hukum Pascal di Kehidupan Sehari-hari?

Read Time:2 Minute, 11 Second

Hai Sobat! Terkadang, orang awam berpikir kita tidak perlu mempelajari berbagai ilmu karena belum tentu bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. Mungkin Sobatjuga pernah berpikiran seperti demikian. Hal itu adalah wajar karena yang dipelajari hanyalah konsep dasar. Namun, percayalah bahwa semua ilmu bisa sangat berguna untuk diaplikasikan di kehidupan nyata.

Salah satu contohnya adalah hukum Pascal. Hukum ini dicetuskan oleh seorang filsuf dan ilmuwan asal Prancis yang bernama Blaise Pascal (1623-1662). Hukum Pascal berbunyi sebagai berikut.

“Apabila tekanan eksternal diberikan pada sistem tertutup, tekanan pada setiap titik pada zat cair tersebut akan meningkat sebanding dengan tekanan eksternal yang diberikan.”

Untuk penerapannya, Sobatdapat melakukan percobaan kecil bersama dengan guru dan juga teman-teman lainnya dengan menggunakan beberapa alat-alat berikut ini.

  1. Selang plastik kecil sekitar 50 cm
  2. 2 buah alat suntik, 1 ukuran besar, 1 ukuran kecil
  3. Papan tripleks atau karton ukuran 25 × 35 cm
  4. Air yang telah diberi pewarna makanan
  5. Beban

Coba rangkailah dua alat suntik dan juga selang plastik seperti gambar di bawah ini.

Isilah selang dengan air berwarna. Setelah itu, letakkan beban di alat suntik besar dan dorong air melalui alat suntik kecil. Amatilah apa yang terjadi. Jika prosedur sudah sesuai, Sobat akan melihat gaya dorongan dari suntikan kecil berhasil mengangkat beban yang berada di suntikan besar.

Dalam percobaan tersebut, diketahui bahwa gaya dorong yang diberikan pada alat suntik kecil dapat memberikan gaya dorong pada beban yang terdapat di alat suntik yang lebih besar. Tentunya hal ini sesuai dengan hukum Pascal di mana tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan besar yang sama.

Baja Juga :  Lebih Dekat Kepada Allah dengan Mengamalkan Salat Sunnah (PAI Kelas 8) BAB 4 Semester 1

Jika pada penampang dengan luas A1 diberi gaya dorong F1, maka akan dihasilkan tekanan p. Menurut hukum Pascal tekanan p tersebut diteruskan ke segala arah dengan sama besar, termasuk ke luas penampang A2. Pada penampang A2 muncul gaya angkat F2 dengan tekanan p.

Secara matematis dirumuskan sebagai berikut:

Keterangan:

Jika A2 lebih besar dari A1, maka akan diperoleh gaya angkat F2 yang lebih besar dari F1. Hal tersebut telah menjelaskan hukum Pascal mengapa dengan gaya yang lebih kecil dapat mengangkat beban yang besar.

Hukum Pascal sendiri telah diterapkan ke dalam kehidupan kita sehari-hari lewat berbagai teknologi-teknologi. Contohnya seperti pompa hidrolik, rem hidrolik, dan juga kempa hidrolik. Ilmu ini memudahkan kita untuk menggerakkan beban tanpa memerlukan energi yang besar.

Jadi, itulah tadi konsep dasar dan juga pengaplikasian hukum Pascal. Jika ingin mempelajari IPA lebih dalam lagi, silakan unduh modul PJJ IPA gratis terbitan Direktorat SMP di situs resmi kami. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk seluruh Sobat di mana pun berada.


Referensi:

Modul PJJ IPA Kelas VIII semester genap terbitan Direktorat SMP tahun 2020

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (3)
  • comment-avatar

    bagus websitenya sangat menarik

  • comment-avatar
  • comment-avatar
  • Disqus (0 )