Silabus Administrasi Umum Kelas 11 (Perbankan Syariah) SMK

Read Time:10 Minute, 48 Second

SILABUS

Nama Sekolah : SMK Husnul Khotimah

Mata pelajaran : Administrasi Umum

Kelas / Semester : XI / 1 (Ganjil)

Bidang Keahlian : Perbankan Syariah

Kompetensi Inti :

Kompetensi Inti

KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KI 4 : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat,informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen.

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

[artikel number=3 tag=”SD”]

Kompetensi Dasar Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penialian Waktu Sumber Belajar Nilai Karakter
3.1 Memahami

administrasi

4.1 Mengelompokan

jenis-jenis

administrasi

  • Filsafat dan kelompok Administrasi
  • Pengertian Administrasi
  • Unsur-unsur Administrasi
  • Fungsi administrasi
  • Tujuan administras
  • Mamfaatadministrasi
  • Perkembangan administrasi
  • Jenis- jenis administrasi
  • Pengelompokkan administrasi
  • Menyajikan jenis-jenis kelompok administrasi
Mengamati

Mengamati aktivitas

administrasi di

sekolah/kantor

terdekatsebagai bentuk

keteraturan atas kebesaran

Tuhan yang

menciptakannya.

Menanya

Memberikan Kesempatan peserta didik menanyakan hal yang berkaitan dengan kegiatan Administrasi

Eksperimen/explore

Mencari informasi

mengenai filasafat

administrasi dan kelompok

administrasi

Asosiasi

Menghubungkan filsafat

administrasi dengan

kelompok administrasi

dengan perilaku efektif dan efisien

Komunikasi

Mempresentasikan

kelompok kelompok

administrasi

  • Menjelaskan pengertian administrasi
  • Mengidentifikasi ciri-ciri administrasi
  • Menyebutkan fungsi administrasi
  • Menguraikan tujuan administrasi
  • Menyebutkan dan menguraikan jenis-jenis administrasi
Tugas

Membuat bahan

paparan mengenai

filasat Administrasi

Observasi

Mengamati perilaku

peserta didik selama

melakukan

pembelajaran

Portofolio

Dapat berupa Artikel,

Foto, Gambar,

Ringkasan, Resensi

Mengenaiflasafat

dankelompok

adminstrasi

Penilaian Produk

Penilaian bahan paparan

peserta didik.

Penilaian Kinerja

Penilaian pada saat

peserta didik

dalammempresentasikan

bahan paparan yang

dibuatnya

Tes

Melakukan tes untuk

mengetahui

pemahamanpeserta

didikterhadapparadigma

dan filosofis Administrasi

Perkantoran

3×45 Menit
  • Buku Administrasi Umum Kelas X
  • Modul Administrasi Umum
  • Sumber referensi lainnya
  • Disiplin
  • Kerja keras
  • Percaya diri
  • Tanggung jawab
3.2 Menganalisis

jabatan, tugas,

dan uraian

pekerjaan pada

kegiatan

administrasi

4.2 Membuat uraian

tugas setiap

tingkatan jabatan

pada kegiatan

Organisasi

Prinsip organisasi

Tujuan organisasi

Jabatan dalam organisasi

Tingkatan jabatan

dalam organisasi

Uraian tugas dalam jabatan administrasi

Mengamati

Mengamati dokumen

mengenaiprinsip – prinsip

organisasi, perkantoran dari

berbagai sumber.

Menanya

Mendiskusikan masalah

terkait prinsip organisasi,

menganalisis jabatan membuat uraian tugas

dalam jabatan administrasi

Eksperimen/explore

Mengidentifikasi setiap

uraian tugas dan tanggung jawab dalam organisasi .

Asosiasi

Mengkaitkan hubungan

antara jabatan dalam

administrasi dengan uraian

tugas dan tanggung jawab

Membuat kesimpulan

Mengenai jabatan dalam organisasi , tugas dan tanggung jawab sebagai kegiatan administrasi

Komunikasi

Menyampaikan secara

individu atau kelompok hasil kesimpulan mengenai membuat uraian tugas setiap

tingkatan jabatan pada

kegiatan administrasi

  • Menjelaskan pengertian jabatan dan Menyebutkan jenis-jenis jabatan dalam administrasi
  • Menguraikan analisa jabatan administrasi dan Menguraikan tugas dalam kegiatan administrasi
  • Mengidentifikasi uraian pekerjaan dalam kegiatan administrasi
  • Menyusun jabatan dalam kegiatan administrasi dan Merancang uraian tugas dalam kegiatan administrasi serta Menyusun pekerjaan dalam kegiatan administrasi
Tugas

Melakukan jabatan,

tugas dan uraian

pekerjaan pada

kegiatan administrasi

Portofolio

Menilai proses dan hasil

kerjapeserta didik

berupa rangkaian proses sehingga terlihat

kemajuan aspek

tertentu mulai dari tahap

awal sampai tahap akhir

dalam administrasi

Tes

Melakukan tes untuk

mengetahui

pemahaman peserta

didik terhadap tugas

dan uraian pekerjaan

pada kegiata

administrasi

3×45 Menit
  • Buku Administrasi Umum Kelas X
  • Modul Administrasi Umum
  • Sumber referensi lainnya
  • Disiplin
  • Kerja keras
  • Percaya diri
  • Tanggung jawab
3.3 Menganalisis

persyaratan

personil administrasi

4.3 Menyusun

persyaratan

personil

administrasi

Administrasi

kepegawaqian

Personil Administrasi

Persyaratan Personil

administrasi

Menyusun persyaratan personil administrasi

Mengamati

Mengamati aktivitas

dikantor atau sekolah

tentang personil kantor dan persyaratan perosonil kantor dalam kantor

Meyakini bahwa memimpin dan dipimpin merupakan pengamalan perintah Tuhan yang harus dilakukan secara sungguh-sungguh

Menanya

Memberikan kesempatan peserta

Didik menanyakan hal

personil kantor untuk

memecahkan masalah

administrasi

Eksperimen/explore

Menyusun persyaratan

personil administrasi, kantor dekat lingkungan sekolah

Asosiasi

Mengaplikasikan sikap dan prilaku efektif dan efisien dalam aktivitas di kelas.Khususnya dalam penerapan penyususnan

persyaratan personil kantor

Komunikasi

Mempresentasikan hasil observasi tentang

menyusun persyaratan

personil administrasi

  • Menjelaskan definisi personil administrasi
  • Menyebutkan macam-macam personil administrasi
  • Mengidentifikasi tugas dan tanggungjawab personil administrasi
  • Mengidentifikasi syarat-syarat personil administrasi yang baik
  • Menjelaskan tahapan pengadaan personil administrasi
  • Menguraikan persyaratan untuk personil administrasi
  • Menguraikan syarat kepribadian yang diperlukan oleh personil administrasi
Tugas

Melakukan kajian

dokumen

untukpersyaratan

personil kantor

Portofolio

Menilai proses dan hasil kerjapeserta didik

berupa rangkaian

proses sehingga terlihat

kemajuan aspek

tertentu mulai dari tahap

awal sampai tahap akhir

dalam penerapan

persyaratan personil

kantor

Tes

Melakukan tes untuk

mengetahui

pemahaman peserta

didik persyaratan

personil kantor

3×45 Menit
  • Buku Administrasi Umum Kelas X
  • Modul Administrasi Umum
  • Sumber referensi lainnya
  • Disiplin
  • Kerja keras
  • Percaya diri
  • Tanggung jawab
3.4 Memilih bentuk

struktur organisasi

4.4 Membuat struktur

organisasi sesuai

Struktur Organisasi

Bentuk bentuk

struktur organisasi

Membuat struktur organissi

Mengamati

Mengamatiberbagai bentuk Struktur organisasi di

lingkungan sekolah dan menyadari kebesaran Tuhan Yang menciptakan.

Menanya

Mendiskusikan bentuk-bentuk struktur organisasi di lingkungan sekitar sekolah dan hubungan dengan bentuk organisasi serta

dampaknya dalam

kehidupan masyarakat

Eksperimen/explore

Mengidentifikan bentuk-bentuk

struktur organisasi

dan hubungannya jabatan berdasarkan hasil pengamatan .

Asosiasi

Mengaitkan hubungan

jabatan dalam organisasi

dengan struktur organisasi

dan aplikasinya pada

organisasi

Komunikasi

Mempresentasikan hasil observasi terhadap macam-macam bentuk struktur organisasi

  • Menjelaskan secara luas prinsip-prinsip organisasi kantor
  • Menjelaskan secara luas bentuk-bentuk organisasi kantor
  • Menjelaskan secara luas bagan/struktur organisasi kantor
  • Membuat struktur organisasi kantor dengan benar
Tugas

Melakukan

observasiuntuk

mengidentifikasi jenis-jenis bentuk-bentuk

stuktur organisasi dan

hasil jasas atau produk

pekerjaan dalam

bentuklaporan hasil

observasi.

Observasi

Penilaian terhadap

peserta didik selama

melakukan observasi,

mengerjakan tugas, dan

pada saat melakuan

presentasi.

Produk

Laporan tertulis kelompok hasil observasi

Tes Tertulis

Melakukan tes untuk

mengetahui pemahaman

bentuk –bentuk struktur

organiasi

3×45 Menit
  • Buku Administrasi Umum Kelas X
  • Modul Administrasi Umum
  • Sumber referensi lainnya
  • Disiplin
  • Kerja keras
  • Percaya diri
  • Tanggung jawab
3.5 Memahami fungsi-fungsi

Manajemen

4.5 Mengklasifikasik

an fungsi-fungsi

manajemen

Manajemen

Fungsi manajemen

Menerapkan fungsi manajemen dalam pekerjaan administrasi

Mengamati

Mengamati fungsi

Manajemen lingkungan

sekitar sekolahdan

menyadari kebesaran

Tuhan

Yang menciptakan segala

sesuatu itu teratur.

Menanya

Mendiskusikan bentuk fungsi fungsi

Manajemen sekitar sekolah dan hubungannya

Dengan klasifikasi fungsi-fungsi

manajemen, serta

dampaknya dalam

kehidupan masyarakat

Eksperimen/explore

Mengidentifikasi fungsi-fungsi manajemen dan

hubungannya

dengan penyelesaian

tugas pengamatan

Asosiasi

Mengaitkan hubungan

jabatan dalam organisasi

dengan fungsi

manajemenorganisasi di kelas/sekolah.

Membuat sesuai dengan

kajian kelompok

.

Komunikasi

Mempresentasikan fungsi-fungsi manajemen

Dalam organisasi

kelas/sekolah/kantor sesuai dengan kajian kelompok

  • Menjelaskan pengertian manajemen
  • Menguraikan tingkatan-tingkatan manajemen
  • Menyebutkan fungsi-fungsi manajemen
  • Menjelaskan fungsi manajemen
  • Mengelompokkan fungsi manajemen
Tugas

Membuat kesimpulan

tentang fungsi – fungsi manajemen dengan

kajian kelompok

Observasi

Pengamatan terhadap

keaktivan peserta didik

selama melakukan

observasi dan diskusi

Tes

Melakukan tes untuk

mengetahui pemahaman

peserta didik terhadap

fungsi – fungsi

manajemen

3×45 Menit
  • Buku Administrasi Umum Kelas X
  • Modul Administrasi Umum
  • Sumber referensi lainnya
  • Disiplin
  • Kerja keras
  • Percaya diri
  • Tanggung jawab
Mengetahui, Tasikmalaya , Juli 2021
Kepala Sekolah

Hj. Rd. Ainun Marhamah, S.Pd. NIP. –

Guru Mapel

Tia Nur Oktari, S.E.

NIP. –

Untuk Silabus Lengkapnya unduh di bawah :

SILABUS

Nama Sekolah : SMK Husnul Khotimah

Mata pelajaran : Administrasi Umum

Kelas / Semester : XI / 2 (Genap)

Bidang Keahlian : Perbankan Syariah

Kompetensi Inti :

Kompetensi Inti

KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

[artikel number=3 tag=”SMP”]

KI 4 : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat,informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen.

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

[artikel number=3 tag=”silabus-sma”]

Kompetensi Dasar Materi Pokok/ Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penialian Waktu Sumber Belajar Nilai Karakter
3.8. Menerapkan

penggunaan peralatan

kantor dalam kegiatan

administrasi

4.8. Menggunakan

peralatan kantor

dalam kegiatan

administrasi

Fasilitas Kantor

1. Pengertian Peralatan kantor

2. Jenis-jenis peralatan

kantor

3. Memilih peralatan

kantor dlam kegiatan

administrasi

4. Menggunakan

peralatan kantor dalam kegiatan administrasi

Mengamati

Mengamati berbagai

peralatan yang digunakan di

sekolah atau kantor dengan menggunakan panca indera secara efektif dan efisien

berdasarkan nilai-nilai

agama yang dianut

Menanya

Mendiskusikan dengan teman-teman dalam satu kelompok

tentang pengertian peralatan kantor jenis-jenis peralatan kantor dan memilih peralatan

Eksperimen/explore

Memilih peralatan kantor dalam kegiatan administrasi dan menggunakan peralatan kantor dalam kegiatan administrasi di

berbagai organisasi .

Membuat denah atau sketsa, tata letak fasilitas dan lingkungan kantor berdasarkan hasil pengamatan

Asosiasi

Membuat kajian tentang

keterkaitan antara peralatan kantor dengan menggunakan

peralatan kantor dalam

kegiatan administrasi

Komunikasi

Mempresentasikan laporan hasil pengamatan, dan

penjelasan peralatan kantor, jenis peralatan kantor ,memilih

peralatan kantor serta

menggunakan perlatan kantor dan menjadikan desain dalam penggunakan peralatan kantor

  • Menjelaskan pengertian peralatan kantor dan Mengidentifikasi manfaat peralatan kantor
  • Menyebutkan jenis-jenis peralatan kantor dalam kegiatan administrasi
  • Melakukan penanganan peralatan kantor
  • Memilih peralatan kantor yang sesuai
  • Menggunakan peralatan kantor dalam kegiatan administrasi
Tugas

Membuat laporan hasil

pengamatan, peralatan

kantor jenis-jenis serta

penggunaan peralatan

kantor dalam organisasi kantor beserta penjelasannya

.

Kinerja

Menilai kinerja peserta

didik ketika mempresentasikan

laporan hasil pengamatan, dan

pemilihan peralatan

kantor dan penggunaan

peralatan kantor.

Produk

Menilai denah atau sketsa tata letak

peralatan kantor dalam organisasi

Tes

Melakukan tes untuk

mengetahui pemahaman

peserta didik pemeilihan

peralatan kantor serta

penggunaan perlatan

kantor dalam organisasi

serta membuat desain

penataannya.

3×45 Menit
  • Buku Administrasi Umum Kelas X
  • Modul Administrasi Umum
  • Sumber referensi lainnya
  • Disiplin
  • Kerja keras
  • Percaya diri
  • Tanggung jawab
3.11. Menerapkan

pencatatan

keuangan sederhana

4.11. Melakukan

Pencatatan keuangan sederhana

Fasilitas Kantor

1. Pencatatan

Keuangan sederhana

2. Kas kecil

3. Metode pencaatan

kas kecil

4. Laporan kas kecil

5. Melakukan pencatatan keuangan

sederhana

Mengamati

Mengamati berbagai sistem

pencatatan keuangan

sederhana (kas kecil)

dengan panca indera

secara efektif dan efisien

berdasarkan nilai-nilai

agama yang dianut

Menanya

Mendiskusikan dengan temantentang pengertian Kas kecil, metode pencaatan kas kecil

dan membuat laporan kas

kecil

Eksperimen/explore

MengidentifikasiPenerapan

tata cara/ prosedur pencatatan keuangan sederhana dan melakukan pencatatan keuangan sederhana berdasarkan hasil pengamatan

Asosiasi

Membuat kajian penyususnan laporan kas kecil

Komunikasi

Mempresentasikan laporan

hasil pengamatan, penyusunan kas kecil dari

berbagai sumber

  • Menjelaskan pengertian keuangan sederhana
  • Mengidentifikasi laporan-laporan dalam pencatatan keuangan sederhana
  • Menguraikan prosedur/tata cara pencatatan keuangan sederhana
  • Mempersiapkan data untuk menghasilan laporan keuangan sederhana
  • Menyusun laporan keuangan sederhana
Tugas

Membuat laporan

pencatatan keuangan

sederhana beserta

penjelasannya.

Kinerja

Menilai kinerja peserta

didik ketika

mempresentasikan

laporan hasil pengamatan,

Produk

Menilai laporan hasil kas kecil serta dokumen-dokumen

Pendukungnya

Tes

Melakukan tes untuk

Mengetahui pemahaman peserta didik menerapkan

prosedur pencatatan

keuangan sederhana

dan melakukan

pencatatan keuangan

sedrerhana.

3×45 Menit
  • Buku Administrasi Umum Kelas X
  • Modul Administrasi Umum
  • Sumber referensi lainnya
  • Disiplin
  • Kerja keras
  • Percaya diri
  • Tanggung jawab
3.12 Mengevaluasi

kegiatan administrasi

kantor

4.12 Membuat laporan

kegiatan administrasi

kantor

Evalasi Kegiatan

1. Pengertian Evaluasi kegiatan

administrasi kantor

2. Membuat evaluasi

kerja administrasi

kantor

3. Membuat laporan

Kegiatan administrasi kantor .Lingkungan kantor

Mengamati

Mengamatiberbagai kegiatan administrasi dalam kantor sebagai bahan untuk evaluasi kegiatan kantor menggunakan panca

indera secaraefektif dan

efisien berdasarkan nilai-nilai agama yang dianut

Menanya

Mendiskusikan dengan

teman dan guru tentang

evaluasi kegiatan administrasi kantor dan membuat laporan

kegiatan adminstrasi kantor

Eksperimen/explore

Mengidentifikasikegiatan

administrasi kantor dan

Membuat laporan evaluasi

kegiatan administrasi kantor berdasarkan hasil

pengamatan

Asosiasi

Membuat kajian evaluasi

kegiatan administrasi

kantor diperkantoran terdekat

Komunikasi

Mempresentasikan laporan

hasil pengamatan, laporan

laoran kegiatan administrasi kantor

  • Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan administrasi
  • Menjelaskan pentingnya evaluasi kegiatan evaluasi dan Menyebutkan tujuan evaluasi kegiatan administrasi
  • Menguraikan fungsi dilakukannya evaluasi kegiatan, Mencatat kegiatan administrasi kantor
  • Menilai setiap kegiatan evaluasi dan Menyusun laporan kegiatan
Tugas

Membuat laporan

laporan kkegiatan

administrasi kantor.

Kinerja

Menilai kinerja peserta

didik ketika

mempresentasikan

laporan kegiatan

administrasi kantor

Produk

Menilai laporan kegiatan administrasi kantor

Tes

Melakukan tes untuk

Mengetahui pemahaman

peserta didik evaluasi

kegiatan administrasi dan membuat laporan

kegiatan administrasi

3×45 Menit
  • Buku Administrasi Umum Kelas X
  • Modul Administrasi Umum
  • Sumber referensi lainnya
  • Disiplin
  • Kerja keras
  • Percaya diri
  • Tanggung jawab
Mengetahui, Tasikmalaya , Juli 2021
Kepala Sekolah

Hj. Rd. Ainun Marhamah, S.Pd. NIP. –

Guru Mapel

Tia Nur Oktari, S.E.

NIP. –

Baja Juga :  Cara Mendaftarkan Blog Ke Alexa Rank Lengkap Terbaru
CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )