TAWADUK, IKHLAS, DAN MOHON PERTOLONGAN (PAI KELAS 3)

Read Time:2 Minute, 2 Second

 

Anak-anak sebelum pembelajaran dimulai jangan lupa berdoa terlebih dahulu (Baca Basmallah atau lainnya) agar apa yang kita lakukan dihari ini mendapat keberkahan dari Allah dan memudahkan kita dalam belajar.

Kalau sudah selesai belajar jangan lupa berdoa sesudah belajar juga atau ucap Hamdalah. (Jangan di tulis 2 paragraf diatas)

Manusia adalah makhluk yang paling membutuhkan satusama lain. Berbeda dengan Allah yang Maha Berdiri Sendiri. Allah memiliki sifat qiyamuhu binafsihi, yang artinya Allah berdiri sendiri-Nya. Allah tidak membutuhkan pertolongan makhluk-Nya.

Kita boleh saja meminta pertolongan kepada sesamamakhluk, tetapi dengan maksud  orang yang dimintai pertolongan hanyalah perantara saja. Sebaik-baik penolong dan pemberi pertolongan hanyalah Allah SWT.

TAWADUK

Pengertian Tawaduk

Tawaduk artinya rendah hati dan tidak sombong. Lawan dari sifat tawaduk adalah takabur atau sombong. Orang yang memiliki sifat tawaduk sangat menghargai orang lain. Orang yang tawaduk menganggap orang lain lebih baik dan lebih mulia dari pada dirinya.

Orang yang tawaduk memiliki perilaku yang ramah terhadap sesma. Dia mau berteman dan bergaul dengan siapa saja, tanpa memiliki kelas sosial atau pun tingkat kecerdasanya. Tawaduk adalah akhlak yang sangant mulia. Orang yang senantiasa tawaduk dalam perkataan dan perbuatan akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.

Rasul SAW bersabda:

Artinya:

“Dari Abu Hurairah, dari Rasulullah SAW bersabda: ‘… dan tidaklah seseorang bertawaduk kepada Allah, kecuali Allah akan mengangkat derajatnya’.” (H.R. Muslim)

Dalam Al-Qur’an Allah mengambarkan perilaku mereka yang senantiasa tawaduk dalam hidupnya. Allah SWT berfirman: 

وَعِبَادُ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلَّذِينَ يَمۡشُونَ عَلَى ٱلۡأَرۡضِ هَوۡنٗا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ ٱلۡجَٰهِلُونَ قَالُواْ سَلَٰمٗا 

Artinya:

“Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka dengan kata-kata yang menghina, mereka mengucapkan, ‘Salam'”. (Q.S. Al-Furqan/25: 63)

Baja Juga :  Pelajaran 7 Mari Mengenal Rasul-Rasul Allah (Pertemuan 5 ) Kelas 5

Orang yang tawaduk akan menjalani hidup dengan tenang. Semua dijalani sesuai dengan quadrah dan iradah Allah. Apa yang dilakukannya semua berjalan dengan kuasa dan kehendak-Nya.

Contoh Perlikau Tawaduk

Berikut ini contoh perilaku tawaduk dalam kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut:

  1. Menerima masukan yang baik dari orang lain
  2. Tidak menyombongkan diri dengan kemampuan atau ilmu yang dimilikinya
  3. Menghargai pendapat teman atau orang lain
  4. Tidak merendahkan status, ilmu, maupun pendapat orang lain
  5. Memakai pakaian yang sederhana meskipun anak orang kaya
  6. Berkata dengan kata yang santun dan berprilaku ramah dengan orang lain

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )